Innovative: Journal Of Social Science Research
Vol. 3 No. 5 (2023): Innovative: Journal of Social Science Research

Peran Guru Aqidah Akhlak Dalam Menanamkan Akhlakul Karimah Siswa MAS Al-Washliyah Jl. Ismailiyah, Sumatera Utara.

Shaqila Andini (Universitas Pembangunan Panca Budi Medan)
Sakban Lubis (Universitas Pembangunan Panca Budi Medan)



Article Info

Publish Date
08 Nov 2023

Abstract

Penelitian ini membahas tentang Guru Aqidah Akhlak disekolah dalam menanam akhlakul karimah siswa di MAS Al-Washliyah, Medan  Dan faktor mempengaruhi pembentukan akhlakul karimah peserta didik. Rumusan masalah, bagaimana peran guru akidah akhlak dalam pembentukan akhlakul karimah peserta didik dan faktor mempengaruhi pembentukkan akhlakul karimah peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan metode kualitatif dengan prosedur tertentu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran guru Akidah Akhlak dalam menanamkan nilai-nilai akhlakul karimah siswa MAS Al-Washliyah, Medan  mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap siswa. Strategi yang ditempuh guru antara lain menasihati siswa untuk datang tepat waktu, mematuhi peraturan madrasah dan perintah guru, menjaga kebersihan madrasah dengan tidak membuang sampah sembarangan, tidak membawa handphone dan barang berharga, tidak membuat berantakan kelas, dan memberikan sanksi bagi siswa yang melanggar. Beberapa faktor pendukung dan penghambat ditemukan di MAS Al-Washliyah, Medan, namun tujuan penanaman nilai akhlakul karimah siswa tercapai dengan baik. Usaha-usaha guru akidah akhlak dalam membentuk akhlakul karimah religius siswa sudah maksimal walau ada beberapa siswa yang masih perlu diarahkan lagi. Peran guru akidah akhlak sangat penting dalam membentuk akhlakul karimah religius siswa.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

Innovative

Publisher

Subject

Humanities Computer Science & IT Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Public Health Other

Description

Innovative: Journal Of Social Science Research is a journal managed by Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai which bridges researchers to publish research results in all scientific fields (multidiscipline). This includes the fields of education, health, law, economics, IT (Informatics Engineering), ...