Penelitian ini membahas tentang Guru Aqidah Akhlak disekolah dalam menanam akhlakul karimah siswa di MAS Al-Washliyah, Medan  Dan faktor mempengaruhi pembentukan akhlakul karimah peserta didik. Rumusan masalah, bagaimana peran guru akidah akhlak dalam pembentukan akhlakul karimah peserta didik dan faktor mempengaruhi pembentukkan akhlakul karimah peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan metode kualitatif dengan prosedur tertentu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran guru Akidah Akhlak dalam menanamkan nilai-nilai akhlakul karimah siswa MAS Al-Washliyah, Medan  mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap siswa. Strategi yang ditempuh guru antara lain menasihati siswa untuk datang tepat waktu, mematuhi peraturan madrasah dan perintah guru, menjaga kebersihan madrasah dengan tidak membuang sampah sembarangan, tidak membawa handphone dan barang berharga, tidak membuat berantakan kelas, dan memberikan sanksi bagi siswa yang melanggar. Beberapa faktor pendukung dan penghambat ditemukan di MAS Al-Washliyah, Medan, namun tujuan penanaman nilai akhlakul karimah siswa tercapai dengan baik. Usaha-usaha guru akidah akhlak dalam membentuk akhlakul karimah religius siswa sudah maksimal walau ada beberapa siswa yang masih perlu diarahkan lagi. Peran guru akidah akhlak sangat penting dalam membentuk akhlakul karimah religius siswa.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2023