Innovative: Journal Of Social Science Research
Vol. 3 No. 5 (2023): Innovative: Journal of Social Science Research

Implementasi Kurikulum Merdeka Berbasis Pembelajaran Berdiferensiasi di SMP Negeri 1 Manado

Sifra Christine Kalangi (Universitas Negeri Manado)
Tinneke Evie Meggy Sumual (Universitas Negeri Manado)
Jeffry Lengkong (Universitas Negeri Manado)



Article Info

Publish Date
10 Nov 2023

Abstract

Berdasarkan rumusan masalah yang ada, maka tujuan dilaksanakannya penelitian ini, yakni : 1). Mendeskripsikan Langkah – langkah implementasi kurikulum merdeka berbasis pembelajaran berdiferensiasi di SMP Negeri 1 Manado. 2). Mendeskripsikan proses pelaksanaan kurikulum merdeka berbasis pembelajaran berdiferensiasi di SMP Negeri 1 Manado; 3). Mendeskripsikan evaluasi implementasi kurikulum merdeka berbasis pembelajaran berdiferensiasi di SMP Negeri 1 Manado. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian Kualitatif, dengan pendekatan deskriptif. Penelitian ini bertipe penelitian deskriptif karena menunjukkan deskripsi implementasi kurikulum merdeka belajar berbasis pembelajaran berdiferensiasi di SMP Negeri 1 Manado. Penelitian ini akan menggambarkan situasi dengan data - data yang dikumpulkan semata – mata bersifat deskriptif sehingga tidak bermaksud mencari penjelasan, menguji hipotesis, membuat prediksi maupun mempelajari implikasi. Namun akan banyak meneliti situasi yang terjadi dilokasi penelitian serta melakukan analisis terhadap dinamika hubungan antara fenomena sekedar untuk mengungkapkan fakta. Tipe penelitian ini menuntut peneliti untuk melakukan studi lapangan. Pemilihan lokasi dalam penelitian ini didasarkan atas tujuan tertentu, disebabkan penelitian ini memiliki jangka waktu tertentu. Maka penelitian ini akan dilakukan di SMP Negeri 1 Manado. Data primer diperoleh setelah melakukan wawancara langsung dan mendalam dengan sejumlah informan atau narasumber, antara lain guru SMP Negeri 1 Manado. Hasil dari data yang dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan studi dokumen menjadikan peneliti dapat menarik beberapa kesimpulan. Pertama, untuk melakukan pembelajaran berdiferensiasi pada setiap mata pelajaran, guru melakukan pemetaan kebutuhan belajar siswa melalui asesmen diagnostik. Selanjutnya, guru merancang pembelajaran sesuai hasil pemetaan tersebut dengan menuliskannya dalam modul ajar. Setelah pembelajaran selesai, guru melakukan evaluasi dan refleksi secara berkelanjutan untuk menentukan siswa mana yang masih memerlukan bimbingan khusus ataupun sebaliknya.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

Innovative

Publisher

Subject

Humanities Computer Science & IT Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Public Health Other

Description

Innovative: Journal Of Social Science Research is a journal managed by Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai which bridges researchers to publish research results in all scientific fields (multidiscipline). This includes the fields of education, health, law, economics, IT (Informatics Engineering), ...