Penelitian ini didasari oleh rendahnya hasil belajar siswa terhadap pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn). Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn), dengan menggunakan metode pembelajaran Problem Based Learning. Penelitian dilakukan dengan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) yang Subjek penelitian ini ialah siswa kelas IV Tahun Ajaran 2019/2020 Sekolah Dasar Negeri Pasir Kadu 02, yang terdiri dari 20 siswa. Penelitian ini dilakukan dengan dua siklus yang terdiri dari empat tahapan kegiatan, yaitu: perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Pengumpulan data hasil belajar dilakukan menggunakan lembar observasi yang digunakan selama proses pembelajaran, dan tes yang diberikan pada akhir siklus I dan akhir siklus II. Data yang terkumpul kemudian dianalisis secara kuantitatif. Hal ini dilihat dari peningkatan kemampuan siswa pada proses pembelajaran prasiklus, silkus I, dan Siklus II yang dilihat berdasarkan kriteria ketuntasan minimum (KKM) yaitu . Besaran peningkatan banyak siswa yang mencapai KKM pada hasil belajar ialah sebesar 70% dari prasiklus sampai dengan siklus II. Hasil analisis kuantitatif menunjukkan terjadinya peningkatan kemampuan siswa dalam memahami materi Pancasila selama proses pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn), melalui metode pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV Tahun Ajaran 2019/2020 SD Negeri Pasir Kadu 02.
Copyrights © 2021