Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Pengaruh Model Talking Stick Dalam Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Tema I Subtema I Keberagaman Budaya Bangsaku Dikelas IV SD Negeri 091522 Marubun Kecamatan Tanah Jawa Kabupaten Simalungun.Penelitian ini merupakan penelitian pre-eksperiemental dengan menggunakan design one group pretest- posttest, sampel penelitian ini 34 orang. Teknik pengumpulan data merupakan tes. Dengan melakukan pretest mendapatkan hasil rata-rata 32,85 dan nilai tengah sebesar 32.00 dan mendapatkan nilai tertinggi sebesar 52 dan nilai terendah 12, lalu diberikan perlakuan. Setelah diberikan perlakuan dengan menggunakan Model Talking Stick sehingga mendapatkan nilai posttest dengan nilai rata-rata 79.88 dan nilai tengah sebesar 80.00 dan mendapatkan nilai tertinggi 92 dan nilai terendah sebesar 72,hasil tersebut menunjukkan bahwa adanya peningkatan dari nilai pretest dengan nilai posttest.Setelah menganalisis nilai pretest dan posttest dilakukan uji normalitas menggunakan rumus Kolmogorov-smirnov dan Shapiro–wilk dan mendapatkan hasil pretest sebesar 0,124 melalui rumus Kolmogorov-smirnov dan 0,200 melalui Shapiro –wilk kedua –duanya lebih besar dari 0,05 sehingga dapat dikatakan bahwa hasil pretest normal sedangkan untuk hasil posttest sebesar 0,248 untuk rumus Kolmogorov-smirnov dan sebesar 0,441 melalui rumus Shapiro–wilk . Hasil uji t di dapat thitung 21,419 menunjukkan besarnya thitung > ttable diperoleh thitung 21,419 > nilai ttable 1,69 .Sedangkan nilai signifikan sebesar 0,000 < 0,05, maka HO ditolak dan Ha diterima yang artinya terdapat berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar siswa pada tema I dan subtema I dengan topic keberagaman budaya bangsaku mendapatkan perubahan yang positif dan signifikan setelah menerapkan model pembelajaran talking stick pada saat pembelajaran di kelas IV SD Negeri 091522 Marubun pada tahun ajaran 2023/ 2024.
Copyrights © 2023