Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan tentang peningkatan hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik terpadu menggunakan model Discovery Learning di kelas V SD Negeri 193 Kotanopan. Pembelajaran tematik terpadu adalah pembelajaran terpadu yang menggunakan tema untuk mengaitkan beberapa mata pelajaran sehingga dapat memberikan pengalaman bermakna kepada murid. Pembelajaran tematik sangat menuntut kreatifitas guru dalam memilih dan mengembangkan tema pembelajaran. Tema yang dipilih hendaknya diangkat dari lingkungan kehidupan siswa, agar pembelajaran menjadi hidup dan tidak kaku. Metode penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah guru kelas sebagai observer, peneliti sebagai praktisi, dan 22 orang peserta didik kelas V SD Negeri 193 Kotanopan. Hasil penelitian ini yaitu: (1) Persentase penilaian RPP mengalami peningkatan dari 79,16% pada siklus I menjadi 95,83% pada siklus II. (2) Pada aspek guru meningkat dari 79,16% pada siklus I menjadi 91,66% pada siklus II. (3) Pada aspek siswa meningkat dari 79,16% pada siklus I menjadi 91,66% pada siklus II.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2021