Innovative: Journal Of Social Science Research
Vol. 3 No. 6 (2023): Innovative: Journal Of Social Science Research

Analisis Strategi Pembelajaran Ips Untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kritis Siswa Sekolah Dasar

Yusnaldi, Yusnaldi (Unknown)
Mardiah, Ainun (Unknown)
Aulia, Lutfi (Unknown)
Saragih, Salsabila (Unknown)
Nurzal, Shafa Azzahra (Unknown)
Pangaribuan, Siti Amsarina (Unknown)



Article Info

Publish Date
16 Dec 2023

Abstract

Pendidikan sekolah dasar merupakan awal dari mengasah kemampuan-kemampuan dasar seperti kecerdasan, pengetahuan, kepribadian, dan kemampuan berpikir, dimana kemampuan berpikir merupakan suatu kegiatan mental untuk membangun dan memperoleh pengetahuan. Namun dalam pelaksanaannya, tujuan pembelajaran seringkali belum tercapai secara maksimal karena pemilihan atau penggunaan strategi yang masih kurang tepat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi pembelajaran IPS untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan metode studi literatur. Objek penelitiannya adalah membaca buku dan jurnal yang sangat relevan dengan strategi pembelajaran IPS. Analisis data dilakukan dengan meninjau substansi dan materi Analisis Strategi Pembelajaran IPS untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Hasil penelitian menyatakan bahwa dalam memilih strategi, pendidik harus memiliki pengetahuan yang luas tentang ilmu pendidikan dan lingkungan sekitar, karena hal ini mempunyai pengaruh yang besar terhadap masa depan bangsa.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

Innovative

Publisher

Subject

Humanities Computer Science & IT Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Public Health Other

Description

Innovative: Journal Of Social Science Research is a journal managed by Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai which bridges researchers to publish research results in all scientific fields (multidiscipline). This includes the fields of education, health, law, economics, IT (Informatics Engineering), ...