Guru yang tidak bergairah dalam melaksanakan pembelajaran di kelas, sehingga selalu menggunakan metode pembelajaran yang sama, masih adanya guru yang menyampaikan perangkat pembelajaran tidak sesuai ketentuan, masih rendahnya semangat guru dalam melaksanakan pembelajaran yang inovatif dan menyenangkan di kelas. Mengingat pentingnya inovasi guru bagi keberhasilan pembelajaran peserta didik di sekolah dalam menghadapi perkembangan zaman, maka penulis merasa perlu untuk melakukan penelitian lebih jauh, tentang faktor-faktor yang mempengaruhi inovasi guru dan seberapa besar sumbangan faktor-faktor tersebut terhadap inovasi guru di Sekolah Penggerak Kota Bukittinggi. Motivasi kerja yang merupakan faktor yang paling menonjol mempengaruhi inovasi guru menurut pandangan penulis karena hal ini menyangkut langsung dalam proses pendidikan. Maka dari sekian banyak faktor-faktor yang mempengaruhi inovasi guru, penulis menetapkan dan membatasi permasalahan hanya pada motivasi kerja terhadap inovasi guru. Selanjutnya, penelitian ini kami laksanakan pada Sekolah Penggerak di Kota Bukittinggi sebanyak 5 sekolah. Berdasarkan uraian di atas, maka rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu; apakah terdapat pengaruh positif dan signifikan motivasi kerja terhadap inovasi guru di Sekolah Penggerak Kota Bukittinggi? Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif korelasional dengan jenis penelitian “asosiatif” yang mana penelitian asosiatif merupakan upaya untuk mengetahui pengaruh variabel independen (motivasi kerja) terhadap variabel dependen (inovasi guru).motivasi kerja pada seorang guru akan ikut menentukan inovasi-inovasi yang dilakukannya dalam melaksanakan tugas, sehingga dapat disimpulkan bahwa untuk semakin meningkatkan inovasi guru dapat dilakukan dengan semakin meningkatkan motivasi kerjanya.
Copyrights © 2024