Innovative: Journal Of Social Science Research
Vol. 4 No. 1 (2024): Innovative: Journal Of Social Science Research

Pengaruh Media Gambar Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV Pada Tema 4 Sub Tema 1 Jenis-Jenis Pekerjaan Di SD Negeri No. 094133 Manik Rambung

Sianturi, Romauli (Unknown)
Lumbantobing, Minar T. (Unknown)
Simanjutak, Melvin M. (Unknown)



Article Info

Publish Date
06 Jan 2024

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Pengaruh Media Gambar Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas Iv Pada Tema 4 Sub Tema 1 Jenis-Jenis Pekerjaan Di Sd Negeri No. 094133 Manik Rambung. Desain penelitian ini menggunakan One Group Pretest Postest. Sebelum diberikan perlakukan, kelompok diberi pretest. Setelah hasil pretest diperoleh maka diberi tindakan. Desain penelitian ini hanya menggunakan satu kelompok saja sehingga tidak memerlukan kelompok control. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri No. 094133 Manik Rambung. Yang beralamat di Kecamatan Sidamanik, Kabupaten Simalungun. Waktu Penelitian ini diperkirakan akan dilaksanakan pada bulan September 2023 pada semester ganjil T.A 2023/2024. Populasi dari peneliti ini adalah 40 siswa kelas IV SD Negeri No. 094133 Manik Rambung. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan Probability Sampling. Pada Probability Sampling Teknik pengambilan Sampel yang memberikan peluang yang sama bagi setiap anggota populasi untuk dipilih menjadi sampel. Berdasarkan hasil analisis data dan pengujian hipotesis maka dapat disimpulkan bahwa ada Pengaruh Media Gambar terhadap hasil belajar siswa kelas IV tema 4 subtema 1 jenis-jenis pekerjaan di sd negeri no.094133 manik rambung pada tema 8 pada subtema 1 manusia dan lingkungan dalam keberagaman siswa kelas V UPTD SD Negeri 122379 Jalan Sentosa. Hal ini terlihat pada pengujian uji “t”, diperoleh harga yaitu 15.236. Dengan frekuensi (db) sebesar 40 — 2 = 38, pada taraf signifikan = 0,05 diperoleh yaitu 2.02439. Maka diperoleh > atau 15.236 > 2.02439 maka ditolak dan diterima, yang berarti hipotesis dalam penelitian ini diterima. Selain itu pada saat observasi, siswa menjadi lebih aktif dan antusias dalam proses pembelajaran dengan menggunakan media pembelajaran dibandingkan dengan proses pembelajaran yang tanpa menggunakan media pembelajaran.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

Innovative

Publisher

Subject

Humanities Computer Science & IT Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Public Health Other

Description

Innovative: Journal Of Social Science Research is a journal managed by Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai which bridges researchers to publish research results in all scientific fields (multidiscipline). This includes the fields of education, health, law, economics, IT (Informatics Engineering), ...