Peneitian ini untuk mengetahui Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematika Siswa Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Kelas Viii Smp. Rancangan penelitian yang digunakan adalah studi kasus tunggal (One- shot case study). Sampel yang diberikan dibagi menjadi satu kelompok yaitu kelas eksperimen. Perlakuan kelas eksperimen adalah penggunaan pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik. Peneliti hanya mengadakan treatment atau perlakuan satu kali yang diperkirakan sudah berhasil. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini yaitu Cluster Random Sampling. Teknik Cluster Random Sampling ini memilih satu kelas secara acak dari populasi sebagai kelas eksperimen. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 1 kelas, yakni kelas VIII-9 sebanyak 30 siswa yang diberi perlakuan pendekatan pembelajaran Pendidikan Matematika Realistik. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan pendekatan pembelajaran matematika realistik terhadap kemampuan berpikir kritis matematika pada materi bangun ruang sisi datar kelas VIII SMP. Pengaruh yang positif ditunjukkan melalui persamaan regresi artinya setiap penambahan 1 skor pendekatan pembelajaaran matematika realistik, maka kemampuan berpikir kritis akan meningkat sebesar 0,448. Pengaruh yang signifikan ditunjukkan melalui uji-t, yaitu = 12,800 > 1,697.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024