Innovative: Journal Of Social Science Research
Vol. 4 No. 1 (2024): Innovative: Journal Of Social Science Research

Urgensi Evaluasi Pembelajaran Dalam Menciptakan Pendidikan Berkualitas di Era Merdeka Belajar

Ratu Wardarita (Universitas PGRI Palembang)
Hendra Batubara (Universitas PGRI Palembang)
Nopintri Wahyuni (Universitas PGRI Palembang)
Titin Astina (Universitas PGRI Palembang)



Article Info

Publish Date
09 Jan 2024

Abstract

Artikel ini bertujuan untuk mengeksplorasi urgensi evaluasi pembelajaran dalam menciptakan pendidikan yang berkualitas di era merdeka belajar. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi literatur (penelitian perpustakaan). Evaluasi pembelajaran, sesuai dengan penjelasan di atas, merupakan suatu proses pengumpulan data guna menilai kualitas pembelajaran dan sejauh mana tujuan pendidikan tercapai untuk mendukung pengambilan keputusan. Fokus tujuan pendidikan adalah pada pengembangan potensi siswa, sehingga diperlukan evaluasi yang akurat. Evaluasi dalam konteks era kebebasan belajar memberikan keleluasaan kepada siswa dan guru untuk berpikir, berinovasi, dan berkreasi. Selain itu, melalui evaluasi, pendidik dapat menilai tingkat keberhasilan peserta didiknya. Oleh karena itu, pendidik harus melaksanakan kegiatan evaluasi dengan cermat. Meskipun demikian, kenyataannya menunjukkan bahwa masih banyak pendidik yang belum menjalankan proses evaluasi secara efektif. Salah satu penyebabnya adalah kurangnya pemahaman pendidik tentang konsep, peran, dan tata cara pelaksanaan evaluasi. Oleh karena itu, diperlukan pengetahuan yang memadai tentang evaluasi untuk memperoleh hasil evaluasi yang mampu menggambarkan kondisi peserta didik dengan akurat.  

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

Innovative

Publisher

Subject

Humanities Computer Science & IT Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Public Health Other

Description

Innovative: Journal Of Social Science Research is a journal managed by Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai which bridges researchers to publish research results in all scientific fields (multidiscipline). This includes the fields of education, health, law, economics, IT (Informatics Engineering), ...