Kemajuan suatu bangsa dapat diihat dari tingkat keberhasian pendidikan dan keberhasian pendidikan akan tercapai apabia terdapat usaha untuk meningkatkan mutu pendidikan itu sendiri.Oleh karena itu, setiap satuan pendidikan harus mempersiapkan media pembeajaran dengan sebaik-baiknya sehingga siswa dapat mempeajari imu pengetahuan. Rumusan masalah dalam peneitian ini adalah “Apakah ada Pengaruh Media Video Pembeajaran terhadap Hasi Beajar IPA Keas IV pada Materi Siklus Hidup Makhluk Hidup di UPTD SD Negeri 122357 Pematang Siantar?” Peneitian ini bertujuan untuk mengetahui hasi beajar siswa seteah di terapkannya media video. Peneitian ini merupakan peneitian pre-eksperimental. Metode pengumpulan data yaitu berupa tes. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif dengan sampe berjumlah 30 siswa yang diakukan di Keas IV UPTD SD Negeri 122357 Pematang Siantar. Hasi anlisis data menunjukkan bahwa Berdasarkan hasi analisis deskriptif, diperoleh niai rerata pretest siswa = 56,53 dan pada posttest = 75,60. Ini berarti terjadi peningkatan hasi beajar siswa seteah menggunakan media video pembeajaran.Berdasarkan tabe output hasi uji t, diperoleh niai sig = 0,000, yang berarti lebih keci dari α0.005. Dengan demikian H0 ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan media video pembeajaran berpengaruh secara signifikan terhadap peningkatan hasi beajar siswa keas IV UPTD SD Negeri 122357 Pematang Siantar Tahun 2023.
Copyrights © 2024