Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan problematika guru dalam pembelajaran SKI di MI beserta solusinya. Penelitian ini menggunakan metode dengan pendekatan deskriptif kualitatif, mengkaji melalui berbagai sumber berupa artikel, jurnal dan buku. Teknik pengumpulan data melalui berbagai karya tulis ilmiah dan laporan yang relevan dengan penelitian ini. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat beberapa permasalahan guru pada pembelajaran SKI, diantaranya: 1) guru kurang menguasai materi, sehingga kurang memiliki kemampuan akademik sesuai dengan bidang tugasnya. 2) Media, metode dan strategi yang digunakan membosankan, cenderung bercerita atau berceramah, guru beranggapan metode tersebut lebih praktis dan mudah dilakukan. Sehingga terkesan egois dan kurang bisa memahami siswanya. 3) Kurang tersedianya sarpras sebagai penunjang proses pembelajaran, dan 4) Terbatasnya alokasi waktu dalam pembelajaran SKI, sehingga guru terburu-buru dalam mengajar. Adapun solusi yang dapat dilakukan guru antara lain: pertama, guru mempersiapkan bahan pengajaran dari buku dan pedoman sesuai dengan materi yang diajarkan. Kedua, guru menggunakan strategi, metode dan media pembelajaran yang menyenangkan dan menarik perhatian siswa. Ketiga, dapat memanfaatkan fasilitas yang tersedia dan menciptakan sarana prasarana yang lebih sederhana. Keempat, guru memanfaatkan waktu sebaik mungkin dalam menyampaikan materi agar tidak terjadi ketertinggalan pelajaran.
Copyrights © 2024