Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Implementasi pembelajaran PPKn dalam menanamkan social skill kepada peserta didik (2) Penerapan Social Skill yang dilakukan peserta didik dalam pembelajaran (3) faktor-faktor pendukung dan penghambatnya menanamkan social skill pada peserta didik. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode studi deskriptif analitis dengan pendekatan kualitatif, narasumber dalam penelitian ini adalah Peserta Didik di jenjang kelas 7, Guru mata pelajaran PPKn, Kepala sekolah, dan wakil kepala sekolah kurikulum. Adapun prosedur pengumpulan data yang dilakukan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian Implementasi pembelajaran PPKn meliputi tiga tahapan yaitu, tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, dan tahap evaluasi. Keterampilan sosial peserta didik meliputi keterampilan bekerjasama dan berinteraksi dengan orang lain, keterampilan mengontrol diri, keterampilan berbagi pengalaman dan pikiran dengan orang lain. Adapun faktor pendukung yaitu kesesuaian latar belakang pendidikan guru, dukungan sekolah terhadap perkembangan kurikulum, proses pembelajaran di kelas, kompetensi guru, kemampuan akademis peserta didik. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu hambatan dalam menerapkannya terkendala fasilitas pembelajaran yang belum semua terpenuhi yaitu sarana dan prasarana dan juga guru terlalu memegang banyak kelas.
Copyrights © 2024