Innovative: Journal Of Social Science Research
Vol. 4 No. 1 (2024): Innovative: Journal Of Social Science Research

Faktor Penyebab Kesulitan Belajar Matematika Materi Satuan Panjang Kelas V Sekolah Dasar

Sri Bela, Sinta (Unknown)
Quratul Ain, Siti (Unknown)



Article Info

Publish Date
17 Jan 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan faktor penyebab kesulitan belajar matematika materi satuan panjang kelas V Sekolah Dasar. penelitian ini merupakan penelitian kualitatif menggunakan metode studi kasus. Sumber data dalam penelitian ini adalah guru kelas VA dan siswa kelas VA sebanyak 3 orang. Teknik dan Instrument pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik analisis data metode Miles and Huberman yaitu reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Indikator faktor penyebab kesulitan belajar matematika materi satuan panjang adalah faktor internal dan faktor eksternal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor penyebab kesulitan belajar matematika kelas V materi satuan panjang ada dua yaitu faktor internal berupa minat belajar siswa, motivasi belajar siswa, sikap siswa dan rasa percaya diri siswa. Sedangkan faktor eksternal berupa variasi guru mengajar, penggunaan media pembelajaran dan lingkungan sekolah. Upaya yang dilakukan guru untuk mengatasi kesulitan belajar matematika materi satuan panjang adalah melakukan kegiatan remedial, menciptakan suasana belajar nyaman dan menggunakan metode bervariasi.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

Innovative

Publisher

Subject

Humanities Computer Science & IT Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Public Health Other

Description

Innovative: Journal Of Social Science Research is a journal managed by Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai which bridges researchers to publish research results in all scientific fields (multidiscipline). This includes the fields of education, health, law, economics, IT (Informatics Engineering), ...