JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 5 No. 2 (2021): 2021

Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Kelas IV SD Negeri 20 Indarung

Tri Anifa, Reza (Unknown)
Zainil, Melva (Unknown)
Pusra, Delismita (Unknown)



Article Info

Publish Date
23 Jul 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan model pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran tematik terpadu di kelas IV SD Negeri 20 Indarung. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas(Classroom Action Research), yang menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan dua siklus dengan tiga kali pertemuan yang meliputi empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan kemudian refleksi. Subjek penelitian ini yaitu peneliti, guru, dan siswa kelas IV SD Negeri 20 Indarung. Hasil penelitian yaitu (1) persentase pengamatan Rencana Pelaksanaan Pebeljaaran (RPP) 82,3 meningkat 84,7.(2) Persentase aktivitas guru 79,1% meningkat 87,5%. (3) Persentase aktivitas siswa 75% meningkat 83,3%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran tematik terpadu di kelas sekolah dasar.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...