JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 5 No. 2 (2021): 2021

Fitur Instagram Shopping dan Pengaruhnya Terhadap Minat Beli

Pratiwi, Anggita (Unknown)
Abidin, Zainal (Unknown)
Ema, Ema (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Jul 2021

Abstract

Kehadiran fitur shopping pada aplikasi Instagram bulan Oktober tahun 2020 lalu menjadi sebuah hal yang baru bagi pengguna Instagram khususnya bagi pengguna yang sering berbelanja online. Hadirnya fitur shopping diharapkan dapat mempermudah dan mempersingkat waktu pengguna dalam kegiatan berbelanja secara online maupun bagi para pemilik UMKM dalam memasarkan produknya. Dalam Instagram shopping ini menyajikan informasi produk yang jelas dengan disertai tampilan visual yang kreatif melalui iklan dapat menarik siapapun untuk berkunjung ke Instagram shopping untuk mengetahui informasi produk. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penggunaan Instagram Shopping terhadap minat beli konsumen. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan survei eksplanatori. Teori yang digunakan adalah Teori Dependensi Media dengan subjek penelitian pengguna Instagram pada anggota Rohani Islam Al-Muhadjirin SMA Negeri 1 Cikarang Barat. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner/angket dengan skala likert. Teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling. Analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear sederhana. Berdasarkan pada hasil penelitian dengan beberapa pengujian instrumen menunjukkan pengaruh positif yang diartikan bahwa penggunaan media sosial Instagram Shopping berpengaruh terhadap minat beli konsumen.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...