SSN: 2614-6754 (print)ISSN: 2614-3097(online)Halaman 3694-3707Volume 5Nomor 2Tahun 2021Jurnal Pendidikan Tambusai3694Pola Komunikasi Keluarga dalam Mendidik Anak di Era Revolusi Industri 4.0(Studi Kasus Komunikasi Orang Tua Terhadap Anak Dalam Membangun Akhlakul Karimah)Mistra Jamil1, Sarmiati2, Ernita Arif3Program Magister Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu PolitikUniversitas Andalase-mail: mistrajamil89@gmail.comAbstrakPenelitian ini membahas tentang pola komunikasi keluarga dalam mendidik anak di era revolusi industri 4.0 (Studi Kasus Komunikasi Orang Tua Terhadap Anak Dalam Membangun Akhlakul Karimah). Proses komunikasi orang tua dengan anak dalam memberikan pemahaman tentang nilai-nilai akhlakul karimah. Manusia akan menjadi sempurna jika mempunyai akhlak terpuji serta menjauhkan segala akhlak tercela. Hal ini tentunya memerlukan komunikasi antara orang tua dengan anak. Komunikasi yang baik antara orang tua dengan anak akan membuat makna pesan dalam membangun akhlakul karimah yang diterima anak sesuaidengan makna pesan yang disampaikan oleh orang tua kepada anak. Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis pola komunikasi keluarga dalam membangun akhlakul karimah di era revolusi industri 4.0. penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus dan dianalisis menggunakan teori Skema Hubungan dalam Keluarga oleh Koerner dan Fitzpatrick, tujuannya agar mengetahui pola komunikasi keluarga dalam membangun akhlakul karimah di era revolusi industri 4.0. Hasil penelitian menunjukkan polakomunikasi keluarga dalam membangun akhlakul karimah di era revolusi industri 4.0 adalah menerapkan disiplin dan perilaku prososial. Komunikasi orang tua dengan anak dalam penerapan disiplim dan perilaku prososial bervariasi antara dinamika komunikasi tinggi, sedang, dan rendah. Komunikasi dinamika tinggi terjadi saat orang tua menerapkan disiplin pada anak, sedangkan dinamika sedang dan rendah terjadi ketika orang tua menerapkan perilaku prososial
Copyrights © 2021