JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 5 No. 2 (2021): 2021

Pengaruh Penggunaan E-Learning Madrasah Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VII MTsN 1 Kota Bekasi

Cahyaningrum, Arista (Unknown)
Kejora, Muhamad Taufik Bintang (Unknown)
Akil, Akil (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Aug 2021

Abstract

Dengan diberlakukan pembelajaran dari rumah (daring). Kementerian Agama menyediakan sebuah aplikasi berupa e-learning madrasah yang diperuntukkan untuk lembaga naungan di bawah Kemenag, salah satunya yaitu Madrasah Tsanawiyah (MTs) yang bertujuan untuk mempermudah proses pembelajaran secara daring. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh penggunaan e-learning madrasah terhadap hasil belajar siswa kelas VII MTsN 1 Kota Bekasi. Penelitian ini bersifat Kuantitatif dengan menggunakan pendekatan ex-post facto. Populasi yang digunakan adalah siswa kelas VII MTsN 1 Kota Bekasi sebanyak 126 siswa terdiri dari kelas VII.1-kelas VII.4, didapatkan sampel sebanyak 32 siswa yang diambil 25 % dari jumlah populasi perkelasnya. Berdasarkan hasil Uji Koefisien determinansi diperoleh nilai R sebesar 0,787, sedangkan nilai determinasi (R Square) sebesar 0,619 Hal ini menunjakkan persentase antara penggunaan e-learning madrasah terhadap hasil belajar siswa sebesar 78,7 % sedangkan 21,3 % lainnya disebabkan oleh variabel yang belum diteliti. Selanjutnya hasil uji F, diperoleh nilai Fhitung sebesar 48,716 > Ftabel 4,16 dengan nilai Sig 0,00 < ? (0,05) menunjukkan terdapat pengaruh yang signifikasi antara penggunaan e-learning madrasah dan hasil belajar siswa. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikasi antara penggunaan e-learning madrasah dan hasil belajar siswa

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...