JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 5 No. 2 (2021): 2021

Penggunaan Media KIT Matematika Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pengukuran Sudut Pada Siswa Kelas IV SDN 13 Guguak Randah

Novia, Triananda (Unknown)
Zainil, Melva (Unknown)



Article Info

Publish Date
16 Aug 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan tentang penggunaan media KIT matematika untuk meningkatkan hasil belajar pengukuran sudut pada siswa kelas IV SDN 13 Guguak Randah. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah peneliti sebagai praktisi, guru kelas sebagai observer dan 15 orang siswa kelas IV SDN 13 Guguak Randah. Hasil penelitian ini yaitu : (1) persentase penilaian RPP pada siklus I 82,5% dan mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 95%. (2) pengamatan pada aspek guru meningkat dari 82,14% pada siklus I menjadi 92,86% pada siklus II. (3) pengamatan pada aspek siswa meningkat dari 80,36% pada siklus I menjadi 92,86% pada siklus II. (4) hasil belajar siswa meningkat dari 79,51 pada siklus I menjadi 89,34 pada siklus II. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa penggunaan media KIT matematika dapat meningkatkan hasil belajar pengukuran sudut di kelas IV SD.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...