JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 5 No. 2 (2021): 2021

Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) di TK Islam Kamilah

Khaeriyah, Nining (Unknown)
Kurniawaty, Lia (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Sep 2021

Abstract

Pembiasaan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat sudah dilakukan di TK Islam Kamilah Bekasi, telah menjadi kebiasaan sehari-hari yang dilaksanakan dalam proses belajar mengajar di TK Islam Kamilah, dari anak didik masuk sampai dengan pulang. Beberapa hidup bersih dan sehat yang telah dilakukan di TK Islam Kamilah antara lain Kebiasaan mencuci tangan, Kebiasaan buang sampah pada tempatnya, Berolahraga teratur, Menimbang berat badan dan mengukur tinggi badan, Menggunakan jamban yang bersih dan sehat, Memelihara rambut agar bersih dan rapi, Memelihara kuku. Penelitain yang digunakan oleh peneliti adalah penelitian kualitatif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian yang sudah dilakukan, peneliti menyimpulkan bahwa pelaksanaan perilaku hidup bersih dan sehat sudah dilakukan di TK Islam Kamilah, seperti melakukan perilaku cuci tangan pake sabun dengan rutin, membuang sampah pada tempatnya, melaksanakan kegiatan olahraga satu kali dalam seminggu, melakukan penimbangan berat badan dan pengukuran tinggi badan serta pengukuran lingkar kepala setiap bulan sekali, menggunakan toilet untuk buang air besar dan air kecil yang disediakan sekolah, pemeliharaan rambut dilakukan seminggu sekali, memakai seragam yang bersih dan rapih, membersihkan dan memotong kuku secara rutin.Pihak sekolah agar meningkatkan kebiasaan prilaku hidup bersih dan sehat, dan membangun kepedulian siswa untuk bersedekah sampah serta menjaga kualitas sarana sanitasi yang ada di sekolah.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...