Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh iklim komunikasi organisasi dan motivasi berpengaruh terhadap kinerja guru di madrasah ibtidaiyah Plus jaal-haq Bengkulu. Subyek penelitian ini adalah guru MI Plus Ja-alHaq. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif dan instrumen yang digunakan berupa kuesioner. Teknik analisis data menggunakan analisis data deskriptif kuantitatif. Keabsahan data diperoleh melalui validitas dan reliabilitas. Berdasarkan hasil penelitian, menunjukkan bahwa: 1) terdapat pengaruh positif dan signifikan iklim komunikasi organisasi terhadap kinerja guru sebesar 37,31% yang dilihat dari nilai = 4,227 (> = 2,110 ), pada taraf signifikansi 5%, 2) terdapat pengaruh positif dan signifikan motivasi terhadap kinerja guru sebesar 15,99% yang dilihat dari nilai = 3,391 (> = 2,110 ), pada taraf signifikansi 5%, dan. 3) Terdapat pengaruh positif dan signifikan iklim komunikasi organisasi dan motivasi secara bersama terhadap kinerja guru sebesar 53,3%, yang dilihat dari nilai = 4,227 (> = 1,101 ), pada taraf signifikansi 5%.
Copyrights © 2020