cover
Contact Name
Rojai Zhofir
Contact Email
rojaizho@gmail.com
Phone
+6285709037738
Journal Mail Official
jdawuhl@gmail.com
Editorial Address
Jl. Jaya Wijaya, Dusun Besar Kota Bengkulu
Location
Kota bengkulu,
Bengkulu
INDONESIA
Dawuh: Islamic Communication Journal
ISSN : 27227898     EISSN : 27227898     DOI : https://doi.org/10.62159/dawuh.vxxx
Dawuh is an academic journal published by Yayasan Darussalam Bengkulu. This journal publishes original researches in multi concepts, theories, perspectives, paradigms and methodologies on da’wah studies. The study focus of this Journal is : 1. Islamic communication and journalistic 2. Islamic counseling 3. Islamic community development 4. Da’wah management
Articles 85 Documents
Urgensi Komunikasi Dakwah Di Era Revolusi Industri 4.0 Fitria, Rini; Aditia, Rafinita
DAWUH : Islamic Communication Journal Vol. 1 No. 1 (2020): March
Publisher : Yayasan Darussalam Bengkulu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Perkembangan yang pesat terkait era revolusi industri 4.0 mengakibatkan banyak bermunculan inovasi media komunikasi yang berhasil menembus batas geografis, sosial, dan politis secara intens. Hal ini merupakan salah satu karakteristik era revolusi industri 4.0. Ini merupakan momentum bagi para komunikator dalam komunikasi dakwah agar mampu meningkatkan kualitas komunikasi dakwah yang dilakukan. Pemanfaatan teknologi berupa inovasi media komunikasi diimbangi dengan kemampuan melalukan komunikasi dakwah yang efisien dan tertata dengan baik sebagai upaya menyampaikan pesan dakwah kepada komunikan. Mengingat arus teknologi yang berkembang sangat cepat di era ini, komunikasi dakwah sekiranya mampu menjadi filter masyarakat dalam memperoleh informasi.
Analisis Kritis Sinetron Religi: Antara Dak-wah dan Kepentingan Komersil Thadi, Robeet
DAWUH : Islamic Communication Journal Vol. 1 No. 1 (2020): March
Publisher : Yayasan Darussalam Bengkulu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penayangan sinetron dengan tema religi keagamaan yang saat ini marak, tidak bisa dilepaskan dari berbagai kepentingan. Untuk membongkar kepentingan dibalik tayangan media, artikel ini menggunakan studi kepustakaan analisis kritis. Secara kritis, kepentingan yang sangat menonjol pengelola media adalah adanya kepentingan ekonomi politik media. Kepentingan-kepentingan tersebut pada akhirnya memunculkan wajah sinetron keagamaan yang bermuka dua. Di satu sisi terdapat keinginan untuk menyampaikan dakwah, disisi lain yang jauh lebih dominan adalah kepentingan komersil untuk mendapatkan keuntungan. Setidakanya ada dua tipologi sinetron keagamaan yang saat ini menghiasai pertelevisian Indonesia, yaitu; Sinetron mistik religius, dan Sinetron modern religius.
Perilaku Asosial Dampak Pers Media Nisaussangadah, Siti; Suhirman
DAWUH : Islamic Communication Journal Vol. 1 No. 1 (2020): March
Publisher : Yayasan Darussalam Bengkulu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Perkembangan media massa juga diiringi dengan pengaruh terhadap pengguna yakni khalayak atau masyarakat, pengaruh tersebut tentunya berbeda-beda terhadap setiap individu. Hal ini disebabkan karena adanya perbedaan pola pikir, perbedaan sifat yang berdampak pada pengambilan sikap, hubungan sosial sehari-hari, dan perbedaan budaya. Perubahan sosial dimasyarakat berorientasi pada upaya untuk meninggalkan unsur-unsur yang seharusnya ditinggalkan, berorientasi pada pembentukan unsur baru, serta berorientasi pada nilai-nilai yang telah ada di massa lampau.. Pers merupakan lembaga kemasyarakatan yang merupakan subsistem kemasyarakatan tempat ia berada bersama-sama dengan subsistem lain. Untuk itulah pers tidak bisa hidup secara mandiri, tetapi dipengaruhi oleh lembaga kemayarakatan lainnya.Idealisme yang melekat pada pers dijabarkan dalam pelaksanaan fungsinya, selain menyiarkan informasi pers juga harus mendidik, menghibur dan mempengaruhi melalui informasi yang disampaikan ke khalayak luas.
Analisis Isi Debat Capres Republik Indonesia Pada Pemilihan Umum Tahun 2019 Wanfau, Wanfau; Damayanti, Poppy; Iqbal, Moch
DAWUH : Islamic Communication Journal Vol. 1 No. 1 (2020): March
Publisher : Yayasan Darussalam Bengkulu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini mengaji tentang analisis isi debat capres tahun 2019 dengan tujuan untuk menganalisis isi debat capres tahun 2019. Tujuan dari penelitian ini Untuk mendeskripsikan Analisis Isi dalam proses Debat Captes Republik Indonesia tahun 2019. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif dengan metode analisis isi dari William L. Benoit. Analisis isi debat capres ini berfokus pada tiga kategori menurut William L. Benoit. Hasil dari penelitian ini dilihat dari ketiga kategori yaitu: 1) kategori klaim, selama debat berlangsung capres 01 lebih menguasai dalam kategori mengklaim kerana capres 01 menunjukkan hasil kinerjanya selama empat tahun menjabat. Jadi secara seceluruhan dalam kategori ini capres lebih unggul. 2) ketegori menyerang, dalam debat capres berlangsung kategori menyerang itu banyak stetmen dilakukan oleh bapak Prabowo Subianto terhadap kebijakan yang dilakukan oleh bapak Jokowi Dodo terutama di bidang pangan dan komoditas-komoditas petani dan nelayan. 3) Ketiga kategori bertahan ini sama-sama dilakukan oleh kedua kandidat baik itu bertahan atas kebijakan yang telah dilakukan, bertahan atas kebijakan yang akan dilakukan, bertahan atas tujuan umum, bertahan karakter kualitas personal dan bertahan karakter kemampuan pemimpin. Semua itu ditunjukan oleh kedua kandidat.
Klasifikasi Pesan Dakwah pada Radio Siaran L-Baas 97,6 FM Risantoso, Muhammad; Thadi, Robeet; Iqbal, Moch; Kurnia Syaputri, Intan
DAWUH : Islamic Communication Journal Vol. 1 No. 1 (2020): March
Publisher : Yayasan Darussalam Bengkulu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menidentifikasi apa saja pesan-pesan dakwah yang disiarkan oleh radio L-baas 97,6 FM dan untuk mengetahui tanggapan pendengar tentang siaran dakwah radio L-Baas 97,6 FM berdasarkan jarak tempat tinggal dengan stasiun radio. Menggunakan pendekatan kualitatif metode deskriptif, analisis data menggunakan model Miles dan Huberman. Ada 9 Informan diambil menggunakan teknik purposive sampling. Hasil penelitian diperoleh bahwa pesan-pesan dakwah yang disampaikan oleh radio L-Baas 97,6 FM yakni pesan dakwah tentang akidah, akhlak dan syariah, disampaikan dengan bahasa yang ringan dan nuansa santai.
Brand Image 212 Mart Dalam Meningkatkan Penjualan Produk Perspektif Manajemen Dakwah Ramdhani, Rahmat; Rodiyah, Rodiyah; Mardiyansyah, Mardiyansyah
DAWUH : Islamic Communication Journal Vol. 1 No. 2 (2020): July
Publisher : Yayasan Darussalam Bengkulu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Persoalan yang dibahas dalam skripsi ini adalah bagaiamana strategi brand image 212 mart Jalan Mahakam Lingkar Barat Kota Bengkulu dalam meningkatkan penjualan produk perspektif manajemen dakwah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan strategi brand image 212 mart Jalan Mahakam Lingkar Barat Kota Bengkulu dalam meningkatkan penjualan produk perspektif manajemen dakwah. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif, jenis penelitian ini kualitatif adalah penelitian lapangan dengan pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa strategi brand image 212 mart Jalan Mahakam Lingkar Barat Kota Bengkulu dalam meningkatkan penjualan produk perspektif manajemen dakwah sudah berjalan dengan baik, yaitu menggunakan beberapa strategi meliputi promosi, menjadi agen utama, penampilan dan pelayanan, serta brand image 212 mart tidak terlepas dari unsur-unsur manajemen dakwah, yaitu terkait dengan Da’i, Mad’u, Maddah, Wasilah, Thariqoh dan Atsar.
Zakat Management Application in IZI (Inisiatif Zakat Indonesia) Cahyadi, Ashadi; Suryani, Suryani
DAWUH : Islamic Communication Journal Vol. 1 No. 2 (2020): July
Publisher : Yayasan Darussalam Bengkulu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Persoalan yang dikaji dalam skripsi ini, yaitu : Aplikasi manajemen dalam pengelolaan zakat di IZI (Inisiatif Zakat Indonesia) Kota Bengkulu dalam proses penghimpunan zakat. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penerapan fungsi manajemen yang diterapkan di IZI (Inisiatif Zakat Indonesia) kota Bengkulu dalam proses penghimpunan dana zakat dan untuk menunjang kualitas perkuliahan dan kemampuan mahasiswa Manajemen Dakwah. Untuk mengungkap persoalan tersebut secara mendalam dan menyeluruh, peneliti menggunakan metode deskriptif kualitatif yang bermanfaat untuk memberikan informasi, fakta dan data mengenai penerapan fungsi manajemen di IZI Kota Bengkulu dalam proses penghimpunan dana zakat kemudian data tersebut diuraikan, dianalisis dan dibahas untuk menjawab persoalan tersebut. Dari hasil penelitian ini ditemukan bahwa, penerapan fungsi manajemen yang diterapkan IZI dalam proses penghimpunan berdasarkan ilmu manajemen belum dapat dikatakan memenuhi kriteria manajemen yang baik, karena masih terdapat kekurangan yang harus diperbaiki. Pada fungsi pengawasan, IZI Bengkulu perlu memperbaiki dari pengawasan dalam menjaga muzzaki.
Iklim Komunikasi Organisasi Dan Motivasi Terhadap Kinerja Guru Madrasah Ibtidaiyah Manggola, Alen; Thadi, Robeet
DAWUH : Islamic Communication Journal Vol. 1 No. 2 (2020): July
Publisher : Yayasan Darussalam Bengkulu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh iklim komunikasi organisasi dan motivasi berpengaruh terhadap kinerja guru di madrasah ibtidaiyah Plus jaal-haq Bengkulu. Subyek penelitian ini adalah guru MI Plus Ja-alHaq. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif dan instrumen yang digunakan berupa kuesioner. Teknik analisis data menggunakan analisis data deskriptif kuantitatif. Keabsahan data diperoleh melalui validitas dan reliabilitas. Berdasarkan hasil penelitian, menunjukkan bahwa: 1) terdapat pengaruh positif dan signifikan iklim komunikasi organisasi terhadap kinerja guru sebesar 37,31% yang dilihat dari nilai = 4,227 (> = 2,110 ), pada taraf signifikansi 5%, 2) terdapat pengaruh positif dan signifikan motivasi terhadap kinerja guru sebesar 15,99% yang dilihat dari nilai = 3,391 (> = 2,110 ), pada taraf signifikansi 5%, dan. 3) Terdapat pengaruh positif dan signifikan iklim komunikasi organisasi dan motivasi secara bersama terhadap kinerja guru sebesar 53,3%, yang dilihat dari nilai = 4,227 (> = 1,101 ), pada taraf signifikansi 5%.
Pengaruh Komunikasi Terbuka Orang Tua Dengan Anak Terhadap Prestasi Belajar Oktaria, Elza Dwi; Satria, Irwan; Walid, Ahmad
DAWUH : Islamic Communication Journal Vol. 1 No. 2 (2020): July
Publisher : Yayasan Darussalam Bengkulu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi keadaan orang tua yang sibuk dengan pekerjaannya, orang tua sering melupakan kewajiban mereka pada anaknya di rumah yaitu perhatian kepada anak-anak, khususnya dalam pendidikan anak. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh komunikasi terbuka orang tua dengan anak terhadap prestasi belajar PAI siswa SMP Negeri 02 Tebat Karai Kabupaten Kepahiang. Jenis penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah kuantitatif dengan pendekatan kuantitatif korelasional, yaitu penelitian yang akan melihat adanya analisis hubungan antara variabel bebas dengan variabel terkait. Sampel dalam penelitian berjumlah 23 orang dengan teknik pengambilan sampel Random Sampling. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, angket dan dokumentasi. Uji validitas instrument menggunakan SPSS 20 dengan Korelasi product moment dan reliabilitas juga menggunakan SPSS 20 dengan Cronbach’s Alpha.Teknik analisis data menggunakan teknik analisis regresi linear sederhana uji t dan koefisien determinasi (R2). Hasil penelitian menunjukkan bahwa komunikasi terbuka orang tua dengan anak berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa. Hal ini dibuktikan berdasarkan sebesar 2,457 sedangkan sebesar 2,086 dengan nilai signifikan 0,05. Maka diperoleh sebesar 2,086.Maka dapat disimpulkan bahwa Ha diterima , yang berarti ada pengaruh yang signifikan Komunikasi Terbuka (x) terhadap Prestasi Belajar siswa (Y). Komunikasi Terbuka berpengaruh secara signifikan terhadap Prestasi Belajar siswa sebesar 22,3% dan sisanya yaitu 77,7% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini
Pesan Dakwah Dalam Self Distancing (Kasus Covid-19) Fitria, Rini; Kusumah, Wira Hadi; Rochman, Shoviani; Andisa, Ria; Aditia, Rafinita
DAWUH : Islamic Communication Journal Vol. 1 No. 2 (2020): July
Publisher : Yayasan Darussalam Bengkulu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Kemajuan teknologi dan informasi saat ini sangat berkembang, banyak berbagai macam dan cara supaya menjadi media dakwah, diantara nya televisi, radio dan media sosial. Dakwah dapat mengubah situasi dan kondisi yang ada di masyarakat secara perlahan, dakwah merupakan mengajak, menyuruh orang lain untuk kejalan kebaikan. Fenomena yang terjadi saat di Indonesia pada tahun 2020, dapat di jadikan sebuah pelajaran atau hikmah yang dapat di ambil. Fenomena yang mengkhawatirkan bagi masyarakat seperti ini dalam hal kebaikan tentu jarang sekali mendapatkan nya. Media massa sebagai sumber utama bagi masyarakat untuk mengetahui perkembangan jaman, media massa dapat mempengaruhi khalayak banyak.Media massa sumber informasi yang banyak memberitahukan tentang perkembangan jaman, terkhusus nya memberitahu anjuran dari pemerintah ataupun tokoh publik. Dalam hal ini media massa dan tokoh publik menjadi peran utama untuk menyampaikan berbagai pesan dan dapat mempengaruhi khalayak. Hal ini untuk memberikan manfaat bagi masyarakat dalam memberikan edukasi melalui media massa.