Dawuh: Islamic Communication Journal
Vol. 2 No. 2 (2021): July

Ulama Sebagai Aktor Sosial: Peran Strategis Ulama sebagai Komunikator Dakwah

Thadi, Robeet (Unknown)
Damayanti, Poppi (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Jul 2021

Abstract

Keterlibatan ulama dalam dinamika kehidupan sosial menimbulkan pro dan kontra dikalangan umat. Aktivitas dakwah ulama harus dilihat dalam konteks dakwah secara longgar. Paper ini bertujuan menjelaskan ulama sebagai aktor sosial, bagaimana peran strategis ulama sebagai komunikator dakwah, dalam analisisnya menggunakan studi kepustakaan. Meminjam pisu analisis perspektif tindakan sosial Weber, fenomena komunikasi dakwah yang dilakukan oleh ulama dapat dikategorikan sebagai tindakan sosial, karena hal tersebut dilakukan dengan penuh kesadaran oleh para ulama. Interaksi dan pertukaran symbol yang dilakukan ulama berlangsung dalam dua kontes, interaksi dalam aktivitas dakwah keagamaan dan interkasi dalam partisipasi pada bidang sosial, ekonomi dan politik. Kedua bentuk interaksi tersebut, apabila menggunakan perspektif (makna) dakwah yang lebih luas/longgar, maka hal tersebut dapat dikategorikan sebagai bentuk komunikasi dakwah ulama. Dengan melihat fenomena interaksi simbolik ulama dengan lingkungannya dalam konteks komunikasi dakwah yang dilakukannya, maka akan ditemukan beberapa model kamunikasi dakwah ulama.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

dawuh

Publisher

Subject

Religion Humanities Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Dawuh is an academic journal published by Yayasan Darussalam Bengkulu. This journal publishes original researches in multi concepts, theories, perspectives, paradigms and methodologies on da’wah studies. The study focus of this Journal is : 1. Islamic communication and journalistic 2. Islamic ...