EMAS
Vol. 1 No. 1 (2020): EMAS

PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, DISKON, CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT (CRM) TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN PADA P.T. RAMAYANA LESTARI SENTOSA TBK. DENPASAR

Andreano Henggrawan (Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar)
Anak Agung Putu Agung (Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar)
Ni Putu Nita Anggraini (Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar)



Article Info

Publish Date
05 Dec 2020

Abstract

Mempertahankan konsumen sekarang ini merupakan hal yang sangat penting bagi sebuah perusahaan ataupun bisnis yang sedang berjalan, dikarenakan sekarang ini lebih sulit untuk mencari konsumen baru dibandingkan untuk mempertahankan konsumen lama yang lebih menguntungkan perusahaan. Oleh sebab itu, peranan loyalitas konsumen sekarang ini sangatlah penting dan sedang gencar dilakukan oleh perusahaan-perusahaan yang ada. Sampel dalam penelitian ini adalah konsumen dari pusat perbelanjaan milik P.T. Ramayana Lestari Sentosa TBK. di Denpasar, untuk mengetahui tanggapan responden terhadap masing - masing variabel digunakan metode Quota Sampling. Jenis data dalam penelitian ini adalah data kuantitatif. Teknik analisis data meliputi uji validitas dan reliabilitas, uji asumsiklasik, uji hipotesis lewat analisis regresi linier berganda, uji t dan uji F serta uji koefisien determinasi (R2). Hasil penelitian menunjukkan bahwa cutomer relationship management (CRM) berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas konsumen, Maka sebaiknya perusahaan memberikan arahan kepada pegawai perihal sistem cutomer relationship management (CRM) yang diterapkan sehingga dapat meningkatkan loyalitas konsumen pada P.T. Ramayana Lestari Sentosa TBK. di Denpasar.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

emas

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Social Sciences

Description

EMAS merupakan jurnal ilmiah untuk ilmu ekonomi, manajemen dan bisnis yang diterbitkan oleh Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar E-ISSN : 2774 - 3020. Jurnal ini sebagai sarana publikasi hasil penelitian Dosen dan mahasiswa S1 dalam meningkatkan mutu ...