Kenduri: Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat
Vol. 1 No. 2 (2021): Agustus

Penggunaan Contexual Teaching And Learning (CTL) Dalam Pembelaja-ran Menulis Teks Puisi

Desi Karolina Saragih (Universitas Pamulang)
Dwi Septiani (Universitas Pamulang)
Rerin Maulinda (Universitas Pamulang)
Aryani Aryani (Universitas Pamulang)



Article Info

Publish Date
27 Nov 2021

Abstract

Mewujudkan kegiatan proses mengajar di era globalisi, salah satu metode pembelajaran sastra yang cukup populer adalah Contextual Teacing and Learning, khususnya di dalam menulis teks puisi. Program Studi Sastra Indonesia melakukan kegiatan penyuluhan secara daring menggunakan media Google Meet dengan tema ”Penggunaan Contexulal Teaching dan Learning dalam Pembelajaran Menulis Teks Puisi Kelas X SMK Nusantara 02 Kesehatan” sebagai wujud pengabdian dosen kepada masyarakat. Kegiatan ini lebih mengutamakan aktivitas nyata kepada siswa SMK yang dapat memberikan manfaat sebagai pengetahuan tentang pelatihan menulis teks puisi yang baik dan benar. Dengan adanya kegiatan kegiatan PKM ini, diharapkan dapat menjadi modal sebagai peran nyata pengamalan ilmu yang dimiliki guna memenuhi kebutuhan hidup masyarakat, khususnya siswa SMK Nusantara 02 Kesehatan Ciputat. Untuk mengetahui respons peserta setelah mengikuti kegiatan ini, peneliti memberikan kuesioner. Adapun hasil dari kegiatan PKM ini adalah rata-rata penilaian tertinggi dari kuesioner yang diisi para siswa setelah kegiatan ini berakhir adalah sebagai berikut peserta dominan setuju (1) Meningkatkan prestasi belajar bahasa Indonesia (4,81), (2) Mampu menerapkan ilmu yang didapat selama pelatihan (4.79), dan (3) Ingin lebih produktif dalam menulis, khususnya puisi (4,79)

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

kenduri

Publisher

Subject

Humanities Environmental Science Social Sciences

Description

The journal includes, but is not limited to the following fields: Teaching & Learning in Science Education Material Learning in Science Education Learning Media/Multimedia in Science Education Evaluation & Assessment in Science Education Higher Order Thinking Skills in Science Education Science, ...