Implementasi Kurikulum Merdeka pada peserta didik memerlukan pemikiran dari seorang guru agar menyediakan pembelajaran yang menarik dan bermakna. Mata Pelajaran IPAS yang merupakan mata pelajaran baru bagi peserta didik kelas 5 SD perlu diberikan berbagai kegiatan dan tahapan sehingga peserta didik mendapatkan pengalaman langsung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui cara seorang guru dalam menerapkan kegiatan berdasarkan Kurikulum Merdeka dalam materi pelajaran IPAS. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Penelitian dilaksanakan di SD Negeri Tahunan Yogyakarta pada bulan Desember 2022. Subjek penelitian ini adalah Kepala Sekolah, Guru Kelas IV, dan Siswa Kelas IV. Teknik pengumpulan data dilakukan menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi kurikulum merdeka dalam pembelajaran IPAS sudah terealisasiakan dengan baik, dan terencana. Pelaksanaan pembelajaranya sudah menerapkan pembelajaran berdiferensiasi yang disesuakan oleh kebutuhan siwa serta sudah menyususn evaluasi berupa assessment diagnostik, assessment formatif dan sumatif
Copyrights © 2022