Kenduri: Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat
Vol. 2 No. 3 (2022): Desember

Analisis Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Pembelajaran IPA Di Kelas V SDN 60 Kota Bengkulu

Inggit Ganarsih (Unknown)
Astri Maisa Putri (Unknown)
Galih Budiatna (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Dec 2022

Abstract

Implementasi Kurikulum Merdeka pada peserta didik memerlukan pemikiran dari seorang guru agar menyediakan pembelajaran yang menarik dan bermakna. Mata Pelajaran IPAS yang merupakan mata pelajaran baru bagi peserta didik kelas 5 SD perlu diberikan berbagai kegiatan dan tahapan sehingga peserta didik mendapatkan pengalaman langsung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui cara seorang guru dalam menerapkan kegiatan berdasarkan Kurikulum Merdeka dalam materi pelajaran IPAS. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Penelitian dilaksanakan di SD Negeri Tahunan Yogyakarta pada bulan Desember 2022. Subjek penelitian ini adalah Kepala Sekolah, Guru Kelas IV, dan Siswa Kelas IV. Teknik pengumpulan data dilakukan menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi kurikulum merdeka dalam pembelajaran IPAS sudah terealisasiakan dengan baik, dan terencana. Pelaksanaan pembelajaranya sudah menerapkan pembelajaran berdiferensiasi yang disesuakan oleh kebutuhan siwa serta sudah menyususn evaluasi berupa assessment diagnostik, assessment formatif dan sumatif

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

kenduri

Publisher

Subject

Humanities Environmental Science Social Sciences

Description

The journal includes, but is not limited to the following fields: Teaching & Learning in Science Education Material Learning in Science Education Learning Media/Multimedia in Science Education Evaluation & Assessment in Science Education Higher Order Thinking Skills in Science Education Science, ...