Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan hubungan motivasi belajar dengan hasil belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas VII Mts Luqmanul Hakim Hidayatullah Tahun Ajaran 2020/2021. Penelitian ini merupakan penelitian korelasi yang melibatkan satu kelas. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas VII Mts Luqmanul Hakim Hidayatullah yang berjumlah 127 siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah 21 siswa. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu kuesioner, kuesioner yang digunakan adalah kuesioner tertutup. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan analisis univariat dan uji prasyarat analisis. Hasil penelitian pengujian hipotesis pada penelitian ini menunjukkan hubungan yang signifikan antara motivasi belajar dan hasil belajar Hal ini ditunjukkan dari besarnya nilai r hitung lebih besar dari r tabel (0,462>0,413). Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa motivasi belajar dengan hasil belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas VII Mts Luqmanul Hakim Hidayatullah Tahun Ajaran 2020/2021 memiliki hubungan yang signifikan.
Copyrights © 2023