Latar belakang penelitian ini adalah kebutuhan pemahaman orangtua terhadap media pembelajaran Al-Qur’an yang efektif untuk anak usia dini. Fokus penelitian ini mencangkup kelemahan dan kelebihan serta media pembelajaran Al-Qur’an yang efektif untuk anak usia dini sehingga memudahkan para orangtua dalam menentukan media pembelajaran yang tepat untuk anak usia dini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui media pembelajaran Al-Qur’an yang efektif pada anak usia dini. Penelitian ini adalah penelitian naturalistik yang bersifat kualitatif dengan pendekatan studi kasus dengan subjek penelitian para orangtua dan pendidik yang memiliki anak usia dini. Data diperoleh dengan menggunakan metode wawancara dan data yang terkumpul dianalisis dengan uraian deskriptif. Hasil penelitian disimpulkan bahwa media pembelajaran visual dengan menggunakan kitab, buku, flashcard, poster, mainan edukatif, dan sebagainya lebih banyak digunakan dan diminati oleh orangtua sebagai media pembelajaran Al-Qur’an pada anak usia dini karena lebih efektif dan anak mudah fokus pada objek pembelajaran Al-Qur’an.
Copyrights © 2023