Pandemi Covid-19 telah membawa perubahan yang signifikan terhadap perilaku dan gaya hidup manusia, termasuk perubahan lingkungan yang dikenal sebagai era VUCA (Volatility, Uncertainly, Complexity, Ambiguity) dan transformasi digital sebagai solusi mempercepat pemulihan ekonomi. Era ini menyebabkan kondisi lingkungan yang tidak kondusif baik bagi organisasi maupun pelaku usaha. Oleh karena itu, masyarakat harus menemukan strategi yang tepat untuk dapat bertahan. Prinsip VUCA prime (Vision, Understanding, Clarity, Agility) merupakan salah satu prinsip yang dapat diterapkan untuk mengatasi situasi ini, khususnya bagi para pelaku usaha UMKM untuk meningkatkan penjualan produk. Artikel ini menggunakan digital solution sebagai solusi mengatasi permasalahan UMKM, khususnya di bidang pemasaran dan desain komunikasi visual. Sebagai bagian dari transformasi digital, penerapan digital solution diharapkan dapat meningkatkan nilai jual serta menjangkau pasar yang lebih luas.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2023