GPPH adalah suatu gangguan perilaku ketika anak sulit fokus atau rentang perhatian yang buruk. Gangguan ini biasanya diiringi dengan perilaku hiperaktif atau impulsif. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bentuk penguasaan dan ketidaktepatan menulis berbahasa Indonesia anak penderita Gangguan Pemusatan Perhatian dan Hiperaktivitasberusia 8 tahun siswa kelas 2 SD.Menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan psikolinguistik. Penelitian dilaksanakan di SD Bareng 5 kota Malang. Data penelitian ini berupa bentuk tulisan frasa, klausa dan kalimat. Teknik pengumpulan data menggunakan tes soal cerita gambar seri, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik dasar pilah unsur penentu. Hasil analisis ditemukan bentuk penguasaan yaitu; a) enam kategori bentuk frasa yaitu nomina, verba, adjektiva, adverbia, eksosentris, dan endosentris, b) fungsi klausa yaitu fungsi P + O, S + P + Ket, S + P + O, Ket + S + P, S + P + O + Ket, S + P, S + Ket dan c) kalimat tunggal dan majemuk. Ketidaktepatan menulis yaitu a) tidak mampu menulis tanda baca, b) ketidaktepatan menulis huruf kapital, c) penulisan kata tidak baku, d) ketidaktepatan fungsi kalimat, e) kesalahanpenggunaan unsur yang berlebih atau mubadzir kata, f) pemilihan preposisi yang kurang tepat, g) penggunaan kata ganti subjek yang kurang tepat.
Copyrights © 2021