YOS SOEDARSO ECONOMICS JOURNAL
Vol. 5 No. 3 (2023): Desember 2023

STRUKTUR HUBUNGAN FAKTOR – FAKTOR PSIKOLOGIS TERHADAP NIAT PEMBELIAN KONSUMEN DENGAN PERILAKU PEMBELIAN SEBAGAI MEDIASI : STUDI KASUS PRODUK BURGER KING

Nur Widyawati (Prodi Doktor Ilmu Ekonomi, Fakultas Ekonomi & Bisnis, Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya, Indonesia)
Hwihanus (Prodi Doktor Ilmu Ekonomi, Fakultas Ekonomi & Bisnis, Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya, Indonesia)
Slamet Riyadi (Prodi Doktor Ilmu Ekonomi, Fakultas Ekonomi & Bisnis, Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya, Indonesia)



Article Info

Publish Date
28 Dec 2023

Abstract

Seiring berkembangnya zaman, restoran cepat saji sangat diminati oleh berbagai kalangan khususnya di negara Indonesia. Burger King merupakan salah satu restoran cepat saji di Kota Surabaya yang sempat mengalami kebangkrutan akibat dari resesi pada tahun 1998 dan bangkit kembali pada tahun 2007 mampu bersaing dengan restoran cepat saji lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh Precieved of Use, Trust, Preceived usefulness, Benefit, dan Risk terhadap purchase intention dengan variabel mediasi yaitu purchasing behavior pada restaurant cepat saji Burger King. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dimana penelitian ini menggunakan kuesioner sebagai alat pengumpulan data dengan 100 responden dan teknik analisis yang digunakan adalah Structural Equation Model (SEM) berbasis Partial Least Square (PLS). Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) perceived usefulness memiliki pengaruh yang signifikan terhadap purchase intention, 2) benefit memiliki pengaruh yang signifikan terhadap purchase intention, 3) benefit memiliki pengaruh yang signifikan terhadap purchasing behavior dan 4) risk memiliki pengaruh yang signifikan terhadap purchasing behavior.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

ysej-server

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Industrial & Manufacturing Engineering Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Other

Description

YOS SOEDARSO ECONOMICS JOURNAL (YEJ) Merupakan jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi, Universitas Yos Soedarso dengan ISSN: 2684-9720. YEJ mengkhususkan diri pada topik yang berkaitan dengan Pengembangan Ilmu Ekonomi & Manajemen Berdasarkan Hasil Penelitian. ...