At- Ta'lim : Jurnal Pendidikan
Vol. 9 No. 2 (2023): June

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING DAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X SMK NEGERI NGADIROJO

Mulyadi (Unknown)
Suci Arimbi (Unknown)



Article Info

Publish Date
16 Aug 2023

Abstract

Model pembelajaran merupakan salah satu faktor penentu yang mempengaruhi hasil belajar siswa. Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui pengaruh antara hasil belajar siswa dengan model pembelajaran Discovery Learning dan model pembelajaran Problem Based Learning. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMK Negeri Ngadirojo sejumlah 365 siswa dengan sampel kelas X AK 2 dan X AP masing-masing berjumlah 40 siswa. Metode dalam penelitian ini adalah metode quasy eksperiment (semu) dengan Post-test Only Control Group Design. Instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar berbentuk uraian dengan terlebih dahulu dilakukan validasi oleh validator, menguji tingkat kesukaran dan daya beda butir instrument serta uji reliabilitas instrument. Prasarat uji yang dilakukan adalah uji normalitas dan homogenitas. Data-data yang telah berhasil dikumpulkan kemudian dianalisis untuk melihat perbedaan hasil belajar dengan uji Independent Sample t-Test dengan menggunakan bantuan software pengolah data statistik (IBM SPSS Statistics). Hasil uji hipotesis diperoleh nilai t hitung 0,463 dan nilai probabilitas atau signifikansi sebesar 0,05 yang berarti (0,463 >0,05). Maka H0 diterima atau H1 ditolak. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat perbedaan pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran Discovery Learning dengan model pembelajaran Problem Based Learning terhadap hasil belajar.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

attalim

Publisher

Subject

Education Mathematics Other

Description

At-Talim: Jurnal Pendidikan is a scientific journal that contains and disseminate the results of research, in-depth study, and the ideas orinnovative work in the field of science education. The innovative work of the teachers and lecturers of the development of the education sector which is able to ...