Menurut data WHO (2013), angka kejadian diare masuk daftarpenyebab kematian terbesar Dunia yaitu 1,5 juta atau 2,7% dari kematian diseluruh dunia disebabkan oleh diare. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pendidikan kesehatan dengan media video terhadap pengetahuan dan sikap anak dalam pencegahan penyakit diare. Metode penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan desain penelitian Pre experiment Desaign dengan rancangan One Present-Postest Group Design. Dimana penelitian ini hayanya menggunakan 1 kelompok saja tanpa kelompok pembanding. Responden adalah siswa/i kelas IV dan V MI Nurul Hidayah Tamansari Rumpin Bogor yang berjumlah 31 orang yang diambil menggunakan total sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan kuesioner pengetahuan dan sikap pretest dan postest. Dari hasil penelitian ini didapatkan tingkat pengetahuan sebelum diberikan pendidikan kesehatan 20 responden pengetahuan kurang (64,5%) dan responden memiliki pengetahuan cukup 11 responden (35,5%). Sikap sebelum diberikan pendidikan kesehatan dari 31 responden memiliki sikap kurang yaitu 29 responden (93,5%) sifat baik 2 responden (6,5%). Hasil analisa statistik dengan menggunakan Uji Wilcoxon diperoleh P-value = 0,000 <α = 0,05 maka Ha diterima artinya terdapat pengaruh pendidikan kesehatan dengan media video terhadap pengetahuan dan sikap anak dalam pencegahan penyakit diare di MI Nurul Hidayah tamansari Rumpin Bogor. Saran dari penelitian ini diharapkan institusi dapat memberikan pengetahuan dan sikap yang menjadikan bahan pembelajaran dalam melalukan pendidikan kesehatan.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2020