ISLAMIC PEDAGOGY: Journal of Islamic Education
Vol. 1 No. 2 (2023)

Society 5.0 sebagai Tantangan Terhadap Pendidikan Islam

Saputra, Miswar (Unknown)
Murdani, Murdani (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2023

Abstract

Dewasa ini pendidikan Islam dihadapkan pada tantangan yang sangat komplit, belum sepenuhnya kita menguasi dan sukses di era industri 4.0, kini pendidikan Islam dikejutkan dengan munculnya era society 5.0 yang tidak memberikan pilihan lain harus dihadapi dan menjadi tantangan tersendiri dalam dunia pendidikan Islam. Penelitian ini ingin melihat bagaimana tantangan pendidikan Islam dalam menghadapi society 5.0. Penelitian ini menggunakan studi pustaka. Adapun teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara menelaah buku, teks, dan sumber premier maupun skunder. Selanjutnya data dianalisis menggunakan content analysis untuk mengekplorasi tantangan pendidikan Islam dalam menghadapi society 5.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwapendidikan Islam harus 1) memiliki kemampuan dalam memecahkan masalah, kemampuan untuk bisa berfikir secara kritis, dan kemampuan untuk berkreativitas;2) melakukan inovasi pendukung seperti pengembangan SDM, sarana dan prasarana pendidikan berbasis digital, pola pengajaran kovensional ke arah yang modern (kombinasi), dan 3) membiasakan diri melaksanakan permbelajaran berbasis digital untuk memperkaya informasi dan percepatan proses pembelajaran pada peserta didik dalam menghadapi tantangan yang ditimbulkan di era society 5.0.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

IslamicPedagogy

Publisher

Subject

Education

Description

ISLAMIC PEDAGOGY: Journal of Islamic Education merupakan jurnal peer-review yang diterbitkan oleh Sekolah Tinggi Ilmu Syariah (STIS) Ummul Ayman Pidie Jaya. Fokus jurnal ini menerbitkan berbagai artikel penelitian dan kajian literatur tentang keilmuan dan kemajuan pendidikan Islam, baik pendidikan ...