Kuliah Kerja Nyata (KKN) merupakan bentuk pengabdian mahasiswa kepada masyarakat, termasuk berkontribusi meningkatkan kualitas pendidikan. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan peran mahasiswa KKN dalam membantu proses pembelajaran di sekolah tingkat dasar di Desa Tahai Baru yang menghadapi masalah minimnya tenaga pengajar. Metode yang digunakan adalah observasi dan pelibatan langsung selama program KKN berlangsung. Hasilnya menunjukkan bahwa mahasiswa KKN berperan cukup aktif, antara lain dengan mengajar berbagai mata pelajaran, mengisi kekurangan tenaga pendidik, dan terlibat dalam pengembangan sarana prasarana sekolah. Peran tersebut secara signifikan membantu mengatasi permasalahan yang selama ini menghambat peningkatan kualitas pendidikan dasar. Beberapa faktor pendorong keberhasilan program adalah kondisi darurat sekolah, urgensi interaksi guru-murid, dan motivasi intrinsik mahasiswa. Disarankan program serupa terus dilanjutkan dan ditingkatkan kualitasnya melalui kemitraan perguruan tinggi dengan pemangku kepentingan terkait.
Copyrights © 2024