Joong-Ki
Vol. 2 No. 2: Mei 2023

Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Pembelajaran Matematika di Kurikulum Merdeka SMPN 4 Kragilan

Hanif Evendi (SMP Negeri 4 Kragilan)
Yossie Rosida (Unknown)
Dani Zularfan (Unknown)



Article Info

Publish Date
11 Mar 2023

Abstract

Pembelajaran berdiferensiasi merupakan usaha untuk menyelelaraskan proses pembelajaran dalam memenuhi kebutuhan belajar setiap siswa. Namun, implementasi pembelajaran berdiferensiasi terutama pada pembelajaran Matematika masih terbatas Tujuan penelitian adalah mendeskripsikan pembelajaran berdiferensiasi dalam pembelajaran matematika. Penelitian ini dilaksanakan di SMPN 4 Kragilan semester genap tahun pelajaran 2021/2022, dengan subjek penelitian adalah kelasVIID sejumlah 36 Siswa. Auditori 9 Murid,Visual 15 Murid dan Kinestetik 12 Murid sesuai dengan tujuan penerap an pembelajaran berdefirensiasi. Penerapan pembelajaran berdiferensiasi terhadap mata pelajaran matematika siklus I tindakan belum ada produk, terlihat pada silkus II Pembelajaran berdiferensiasi merupakan proses pembelajaran yang memungkinkan siswa belajar sesuai dengan kemampuan, preferensi, dan kebutuhannya yang unik. Isi, proses, produk, dan lingkungan belajar atau iklim kelas adalah empat bidang pembelajaran diferensiasi yang dikuasai atau dipengaruhi oleh guru. Program guru penggerak angkatan 7, menuntut guru harus mampu mengelola pembelajaran secara efektif dengan menggunakan berbagai metode dan teknologi. Guru diberi kebebasan berkreasi mengelola pembelajaran bersama siswanya. Guru mengembangkan siswa secara holistik sehingga menjadi profil pelajar pancasila.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

Joong-Ki

Publisher

Subject

Humanities Environmental Science Social Sciences

Description

Ruang lingkup Joong-Ki : Jurnal Pengabdian Masyarakat yakni dari berbagai hasil-hasil kegiatan pengabdian dan pemberdayaan masyarakat berupa penerapan berbagai bidang ilmu diantaranya ekonomi, pendidikan, teknik, pertanian, sosial dan kesehatan dan bidang lainnya ...