Joong-Ki
Vol. 2 No. 3: Juni-September 2023

Efektivitas Psikoedukasi Coping Stress Terhadap Siswa Kelas XI di SMA Negeri 1 Gowa

Novi Yanti Pratiwi (Unknown)
Nurul Islamiyah (Unknown)
Sonia Azzuric Abshar (Unknown)
Wahyuni Abdul Hafid (Unknown)
Nurul Fikriyah (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 Jun 2023

Abstract

Stres merupakan gangguan mental yang dihadapi seorang dampak adanya tekanan. Timbulnya tekanan berdasarkan dari kegagalan terhadap suatu individu pada pemenuhan sebuah kebutuhan serta keinginannya. Tekanan ini muncul mampu berdasarkan dari dalam diri maupun berdasarkan dari luar. Coping adalah upaya untuk memperlemah, mengatasi, serta menanggulangi efek dari tuntunan yang timbul akibat stres. Metode penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah kualitatif eksperimen dengan menggunakan pretest – posttest one group design. Teknik pengambilan data menggunakan purposive sampling. Subjek penelitian adalah 30 siswa/i aktif SMA kelas 11 MIPA dari SMAN 1 GOWA. Psikoedukasi ini bertujuan untuk memberikan edukasi kepada siswa kelas XI SMAN 1 Gowa mengenai apa itu stres, khususnya stres akademik, faktor penyebab stres akademik, bagaimana cara mengatasi stres akademik dan dampak stres akademik pada kesehatan mereka, baik itu kesehatan mental maupun kesehatan fisik. Psikoedukasi ini memiliki manfaat untuk membangun kesadaran siswa kelas XI SMAN 1 Gowa terhadap kondisi kesehatan mereka, baik itu kesehatan mental maupun kesehatan fisik mereka dengan cara mengetahui sehingga mengetahui bagaimana cara mengelola stres dengan baik.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

Joong-Ki

Publisher

Subject

Humanities Environmental Science Social Sciences

Description

Ruang lingkup Joong-Ki : Jurnal Pengabdian Masyarakat yakni dari berbagai hasil-hasil kegiatan pengabdian dan pemberdayaan masyarakat berupa penerapan berbagai bidang ilmu diantaranya ekonomi, pendidikan, teknik, pertanian, sosial dan kesehatan dan bidang lainnya ...