La-Tahzan: Jurnal Pendidikan Islam
Vol. 11 No. 2 (2019): La-Tahzan: Jurnal Pendidikan Islam

Nilai-nilai Moral Sosial pada Acara Reality Show Pantang Ngemis di GTV Episode 30-35

Lyswidia Andriarsih (Unknown)
Affnyani Rahma Pramesti (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Nov 2019

Abstract

Tujuan penelitian ini mengajarkan hal yang baik dalam kehidupan masyarakat, dan memberikan manfaat bagi penonton pada khusunya dan masyarakat pada umumnya, salah satunya program acara reality show pantang Ngemis yang memiliki nilai moral positif. Penelitian ini menggunakan pendekatan secara metodologis. Pendekatan metodologis yang terbagi menjadi dua yaitu pendekatan kualitatif dan pendekatan deskriptif. Pendekatan kualitatif menurut Sarwono adalah pendekatan yang menggunakan argumentasi kalimat-kalimat. Adapun pendekatan deskriptif dalam penelitian ini digunakan untuk memberikan gambaran teratur dan satu atau lebih variabel terikat dalam suatu kelompok tertentu, sehngga dapat menemukan maksud penutur baik secara tersurat maupun tersirat dibalik tuturannya. Hasil penelitian ini acara reality show pantang Ngemis mampu menarik hati masyarakat, acara tersebut benar- benar dapat menyentuh hati para pemirsa yang menyaksikannya, bahkan untuk menontonya kita tidak cukup hanya dengan mata dan pikiran saja, tapi juga dengan hati. Program acara yang memiliki nilai moral positif dapat mengajarkan hal-hal yang baik dalam kehidupan masyarakat, acara TV yang baik dapat membuat masyarakat menyerap nilai-nilai moral yang terdapat dalam acara tersebut, sehingga mengajarkan orang bagaimana berbuat baik, santun, saling menolong, dan bergotong royong dalam kehidupan sehari-hari. Dalam acara reality show pantang ngemis tersebut, kita dapat mengerti arti kehidupan sesungguhnya, hidup itu kita harus selalu berjuang dan ikhlas serta selalu bersyukur terhadap hidup ini. Banyak pelajaran yang bisa diambil hikmahnya disini, dan ini adalah salah satu acara yang patut di contoh bagi kita semua.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

latahzan

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Social Sciences Other

Description

La Tahzan: Jurnal Pendidikan Islam focuses to provide a forum for discussion of problems, exchange of information and ideas on both theoretical and practical issues in the field of Islamic education in Muslim societies. La Tahzan: Jurnal Pendidikan Islam features original research on Islamic ...