La-Tahzan: Jurnal Pendidikan Islam
Vol. 13 No. 2 (2021): La-Tahzan: Jurnal Pendidikan Islam

EVALUASI PELAKSANAAN PEMBELAJARAN BERBASIS DARING SELAMA MASA PANDEMI COVID-19

Resi Agustien (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Nov 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pelaksanaan pembelajaran daring selama masa pandemi covid-19. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif deskriptif yang fokus pada evaluasi pelaksanaan pembelajaran menggunakan media atau aplikasi online. Populasi penelitian adalah seluruh mahasiswa program studi PAI, PGMI, PIAUD, dan BKI pada Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Institut Agama Islam Bakti Negara (IBN) Tegal semester gasal tahun akademi 2020/2021. Sampel yang menjadi responden dalam penelitian ini yakni sebanyak 63 peserta didik yang dipilih menggunakan teknik simple random sampling dengan mempertimbangkan homogenitas populasi. Instrument pengumpulan data menggunakan kuesioner yang berisi jenis pertanyaan tertutup yang dibagikan melalui aplikasi google form. Analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dengan bantuan fitur ringkasan pada aplikasi google form. Hasil penelitian menggambarkan bahwa mahasiswa menilai pembelajaran menggunakan media online kurang efektif (57,8%%) dan bahkan ada juga beberapa mahasiswa yang menilai sangat tidak efektif (4,7%) dan menilai biasa saja (20,3%), meskipun ada juga mahasiswa yang menilai pembelajaran daring efektif (17,2%).

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

latahzan

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Social Sciences Other

Description

La Tahzan: Jurnal Pendidikan Islam focuses to provide a forum for discussion of problems, exchange of information and ideas on both theoretical and practical issues in the field of Islamic education in Muslim societies. La Tahzan: Jurnal Pendidikan Islam features original research on Islamic ...