Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran
Vol. 1 No. 1 (2021): Januari - Juni 2021

Pembelajaran Problem Solving Dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematika Siswa SMP

Sartika, Dewi (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 15 Bulukumba melalui pengimplementasian pembelajaran problem solving. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Penelitian ini akan dilaksanakan pada kelas VIII SMP Negeri 15 Bulukumba Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2019/2020. Adapun Subjek penelitian ini adalah 45 siswa kelas VIII yang terdiri atas 19 siswa laki-laki dan 26 siswa perempuan. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus. Setiap siklus terdiri atas empat tahap, yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Prosedur penelitian ini diawali dengan pengembangan perangkat yang meliputi fase penyusunan draft, validasi, dan revisi. Berdasarkan hasil penelitian ini yaitu siswa kelas VIII SMP Negeri 15 Bulukumba mencapai indikator keberhasilan sebanyak 43 orang atau 95,56% siswa telah tuntas belajar matematika dan sebanyak 2 orang atau 4,44% siswa belum tuntas belajar matematika. Selain itu, keaktifan siswa dalam proses pembelajaran juga mencapai indikator keberhasilan yaitu secara keseluruhan terdapat 77,78% pada siklus I meningkat menjadi 88,33% pada siklus II dan keterlaksanaan pembelajaran meningkat pada kategori yang sama yaitu dalam kategori baik.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jpdp

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran (JPdP) adalah jurnal nasional, akses terbuka, multidisiplin, double-blind peer-review yang diterbitkan secara online dua kali dalam setahun (Juni & Desember). JPDP menyajikan artikel-artikel yang berhubungan dengan penelitian terbaru tentang pendidikan guru, ...