Ghaitsa: Islamic Education Journal
Vol. 5 No. 2 (2024): Juni

Peranan Sanggar As-Syauqi Dalam Meningkatkan Bacaan Al-Qur’an Pada Mahasiswa Pendidikan Agama Islam Universitas Fatmawati Sukarno Bengkulu

Fanji Ramadhan (Unknown)
Ahmad Suradi (Unknown)
Rossi Delta Fitrianah (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 Jun 2024

Abstract

Peran diartikan sebagai perangkat tingkah yang diharapkan dimiliki oleh orang yang berkedudukan dimasyarakat, kedudukan dalam hal ini diharapkan sebagai posisi tertentu di dalam masyarakat yang mungkin tinggi, peran sanggar bagi mahasiswa adalah sebagai wadah atau tempat dilakukan pembelajaran sebagai media edukasi baik pendidikan maupun latihan, mendorong peningkatan Soft Skill mahasiswa sudah cukup baik ini dapat dilihat dari besarnya antusias mahasiswa yang mengikuti program pelatihan dari Sanggar Kegiatan Belajar, Bagaimana proses pembelajaran baca tulis Al-Qur’an di sanggar As-Syauqi prodi PAI Fakultas Tarbiyah dan Tadris UINFAS, Bagaimana peranan sanggar As-Syauqi dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an pada mahasiswa Pendidikan Agama Islam, Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, Metode penelitian kualitatif adalah metode penelitian yang berlandaskan pada filsafat post positisme, digunakan untuk meneliti pada kondisi obyek yang alamiah, (sebagai lawannya adalah eksperimen) dimana peneliti adalah sebagai intrumen kunci, teknik pengumpulan data dilakukan secara triangulasi (gabungan), analisis data bersifat induktif/kualitatif, dan hasil penelitian kualitatif lebih menekankan makna dari pada generalisasi, Lokasi penelitian, Struktur Sanggar As-Syauqi, Tema, Tujuan, Target, Kegiatan Pokok, Daftar Tutor dan Peserta Tutor, Arti Logo Sanggar As-Syauqi, Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi ilmiah pada pengaruh sanggar as-syauqi terhadap bacaan Al-Qur’an yang baik dan benar pada mahasiswa Pendidikan Agama Islam angkatan 2019 Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu, Penelitian ini diharapkan mampu menyumbangkan wacana ilmu pengetahuan yang diperlukan, serta menambah khazanah keilmuan kepustakaan untuk kepentingan akademik, Manfaat penelitian ini diharapkan dapat menjadi informasi dan juga dapat memberikan masukan akademis bagi para pecinta ilmu dan ahli ilmu terhadap bacaan Al-Qur’an yang baik dan benar pada mahasiswa.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

ghaitsa

Publisher

Subject

Religion Education

Description

Ghaitsa: Islamic Education Journal is a double-blind peer-reviewed journal on education and teacher training. Ghaitsa Journal is intended to provide academic forums for researchers who are interested in the discussion of current and future issues on education and teacher training, especially in the ...