Penelitian ini bertujuan upaya memperbaiki proses pembelajaran dan penilaian dalam pembelajaran di kelas VII di SMP Negeri 6 Bangkalan. Soal ujian yang digunakan oleh guru hendaknya diuji kelayakannya terlebih dahulu untuk mengetahui masing-masing butir soal dapat digunakan untuk mengukur kompetensi yang akan diukur. Penelitian ini dilakukan dengan metode kuantitatif. Instrumen yang digunakan adalah soal pilihan ganda pada mata pelajaran matematika. Analisis data dilakukan dengan menggunakan SPSS 25.0. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Validitas butir soal pilihan ganda mata pelajaran matematika pada peserta didik kelas VII di SMP Negeri 6 Bangkalan terdapat 20 soal valid dengan persentase 100% soal berkategori valid. Proporsi tingkat validitas soal didominasi oleh soal-soal yang valid sehingga soal dapat dikategorikan bervaliditas tinggi, (2) Reliabilitas butir soal pilihan ganda mata pelajaran matematika itu penting pada peserta didik kelas VII di SMP Negeri 6 Bangkalan memiliki tingkat reliabilitas tinggi dengan R1 = 0,937, ini berarti soal reliabel atau hasil penilaian relatif stabil, dan dapat dipercaya/andal, (3) Tingkat kesukaran butir soal pilihan ganda mata pelajaran matematika itu penting pada peserta didik kelas VII di SMP Negeri 6 Bangkalan menunjukkan tingkat kesukaran soal rendah yaitu 0% sedangkan tingkat sedang dengan persentase 75% sehingga membuat soal berkategori mudah yaitu 15%,(4) Daya pembeda butir soal pilihan ganda mata pelajaran matematika itu penting pada peserta didik kelas VII di SMP Negeri 6 Bangkalan pada terdapat 100% atau sebanyak 20 soal berkategori daya pembeda baik. Dari hasil kesimpulan yang telah dipaparkan di atas, hendaknya guru terus melakukan upaya-upaya yang dapat meningkatkan kompetensi diri dan kualitas pembelajaran yang dilakukan, salah satunya dengan menguji kelayakan soal ulangan sebelum digunakan dengan melakukan uji validitas, uji reliabilities, uji daya beda, uji tingkat kesukaran
Copyrights © 2023