Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena kurangnya kedisiplinan dan motivasi belajar siswa, pada siswa SDN Palmerah 22 Kota Jakarta Barat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara kedisiplinan dengan motivasi belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode survei. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas III yang berjumlah 44 siswa. Sampel penelitian ditentukan dengan menggunakan rumus Slovin sehingga diperoleh sampel sebanyak 40 responden. Penelitian ini dilaksanakan selama enam bulan dari bulan Maret sampai Agustus 2023. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adaah dengan menggunakan kuesioner. Uji korelasi menunjukkan nilai koefisien korelasi sebesar 0,640 dengan nilai signifikansi 0,001 yang berarti ada hubungan yang signifikan dan positif antara variabel disiplin belajar (X) dan variabel motivasi belajar (Y) dengan interpretasi tinggi. Uji determinasi menunjukkan bahwa variabel disiplin belajar memberikan kontribusi sebesar 41% terhadap motivasi belajar. Hal ini menunjukkan bahwa ada hubungan antara kedisiplinan dengan motivasi belajar siswa di sekolah dasar.
Copyrights © 2023