Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP)
Vol. 6 No. 4 (2023): Volume 6 No 4 Tahun 2023

PENGARUH KEPERCAYAAN DIRI TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA DI SEKOLAH DASAR

Sinta Nabila (Universitas Esa Unggul)
Mujazi Mujazi (Universitas Esa Unggul)



Article Info

Publish Date
22 Nov 2023

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan siswa terutama kepercayaan diri dalam motivasi belajar. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh kepercayaan diri terhadap motivasi belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode survei. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas V yang berjumlah 60 siswa. Sampel penelitian ditentukan dengan menggunakan rumus slovin, sehingga diperoleh sampel sebanyak 52 responden. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Maret sampai dengan Agustus 2023. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan angket. Dalam uji linearitas didapatkan niali sig sebesar (0,573 > 0,05), yang berarti signifikan lebih besar dari 0,05, sehingga dapat diketahui bahwa antara kepercayaan diri dengan motivasi belajar memiliki hubungan yang linear atau berpola linear. Selanjutnya, uji regresi sederhana didapatkan thitung sebesar 8.321 dan p-value sebesar 0,001<0,05. Oleh karena itu, kepercayaan diri berpengaruh terhadap motivasi belajar siswa kelas 5 di SDN Palmerah 22 Jakarta Barat.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jrpp

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) is a National peer-reviewes journal dedicated to the exchange of research and thinking in all aspects of education, especially basic education. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) publishes research results relating to the theory and practice ...