Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan siswa terutama kepercayaan diri dalam motivasi belajar. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh kepercayaan diri terhadap motivasi belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode survei. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas V yang berjumlah 60 siswa. Sampel penelitian ditentukan dengan menggunakan rumus slovin, sehingga diperoleh sampel sebanyak 52 responden. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Maret sampai dengan Agustus 2023. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan angket. Dalam uji linearitas didapatkan niali sig sebesar (0,573 > 0,05), yang berarti signifikan lebih besar dari 0,05, sehingga dapat diketahui bahwa antara kepercayaan diri dengan motivasi belajar memiliki hubungan yang linear atau berpola linear. Selanjutnya, uji regresi sederhana didapatkan thitung sebesar 8.321 dan p-value sebesar 0,001<0,05. Oleh karena itu, kepercayaan diri berpengaruh terhadap motivasi belajar siswa kelas 5 di SDN Palmerah 22 Jakarta Barat.
Copyrights © 2023