Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis butir soal terhadap pemahaman peserta didik dalam pembelajaran IPA di sekolah dasar. Butir soal yang digunakan sebagai assessment harus memiliki kualitas secara objektif yang dapat dipertanggungjawabkan, maka soal dianalisis secara statistik yang meliputi (1) analisis validitas, (2) analisis reliabilitas, (3) analisis tingkat kesukaran, dan (4) analisis daya pembeda soal. Bentuk penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Penelitian ini bersifat evaluasi yang melibatkan 60 siswa di SDN Daleman 1 dan SDN Daleman 2 di Kecamatan Galis Kabupaten Bangkalan. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah pengumpulan data melalui teknik dokumentasi. Analisis terhadap data butir soal dilakukan dengan menggunakan program SPSS 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa seluruh soal yang diujikan valid dan reliabel, sehingga dapat digunakan sebagai alat evaluasi yang berkualitas. Hasil Uji tingkat kesukaran menunjukkan butir soal berada pada level mudah dengan presentasi 15%, soal berada di kategori sedang dengan presentasi 85%. Sedangkan Uji daya pembeda soal pada level baik sekali dengan presentasi 55%, dan soal berada di kategori baik dengan presentasi 45%. Tingkat kesukaran soal mayoritas berada pada kategori sedang yang mengindikasikan sebagian besar peserta didik dapat menjawab soal-soal tersebut. Dan soal-soal yang disajikan tersebut dapat di analisis dengan hasil valid dan reliabel serta dapat didistribusikan dengan baik. Jadi, dapat disimpulkan bahwa butir-butir soal tersebut sudah layak untuk digunakan dalam ujian tengah semester. Manfaat yang dapat diperoleh dari hasil penelitian ini adalah sebaiknya senantiasa menyiapkan soal cadangan untuk menggantikan soal dengan kategori tidak baik, revisi dapat dilakukan terhadap soal dengan kategori cukup baik untuk selanjutnya dapat digunakan kembali, dan soal dengan kategori baik dapat dimasukkan ke bank soal.
Copyrights © 2023