Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP)
Vol. 6 No. 4 (2023): Volume 6 No 4 Tahun 2023

INTENSITAS PEMBIASAAN POSITIF DALAM MENINGKATKAN KEMANDIRIAN ANAK DI KOBER AN-NAJAH, PURWAKARTA

Qurrotul Aeni (Universitas Pendidikan Indonesia)
Hayani Wulandari (Universitas Pendidikan Indonesia)



Article Info

Publish Date
29 Nov 2023

Abstract

Pembiasaan menjadi salah satu cara dalam meningkatkan kemandirian anak. Kemandirian menjadi proses perkembangan seseorang menuju kedewasaan. Pada era sekarang banyak hal ditemukan dimana anak sulit makan sendiri, memakai baju sendiri, mengendalikan emosi dan hal lain. Penelitian ini bertujuan menggambarkan hasil dari pembiasaan positif yang dilakukan guru pada proses pembelajaran untuk meningkatkan kemandirian anak. Penelitian ini, melibatkan guru dan orangtua dari Kober An-Najah, Purwakarta. Populasi yang dilakukan sebanyak 18 anak. Metode yang digunakan dalam penelitian ini, yaitu metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Pengumpulan data yang digunakan, yaitu lembar observasi dengan 7 indikator kemandirian. 7 indikator kemandirian yaitu, 1) Kemampuan fisik, 2) Percaya diri, 3) Bertanggung jawab, 4) Disiplin, 5) Pandai bergaul 6) Saling berbagi dan 7) Mengendalikan emosi. Hasil dari penelitian menunjukkan pembiasaan positif yang dilakukan guru meningkatkan kemandirian anak.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jrpp

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) is a National peer-reviewes journal dedicated to the exchange of research and thinking in all aspects of education, especially basic education. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) publishes research results relating to the theory and practice ...