Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan produk Multimedia Pembelajaran Interaktif (MPI) dalam mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam. Penelitian termasuk kedalam model penelitian Riset dan Pengembangan dengan model pengembangan Alessi dan Trollip. Subjek dari penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IVA. Pengambilan data dalam penelitian menggunakan teknik angket dan wawancara. Data yang dikumpulkan dianalisisis menggunakan teknik analisis statistik deskriptif. Hasil analisis kebutuhan siswa menggunakan metode angket menunjukkan bahwa siswa kesulitan dalam memahami materi yang disampaikan melalui buku teks dibandingkan melalui media pembelajaran. Siswa juga sudah memiliki smartphone tersendiri dan mampu mengoperasikannya dengan baik. Sedangkan analisis kebutuhan guru menunjukkan bahwa guru membutuhkan pengembangan produk Multimedia Pembelajaran Interaktif yang dapat memudahkan siswa dalam memahami materi wujud benda dan perubahannya secara fleksibel. Proses pembuatan, produk meliputi pengembangan ide, identifikasi karakteristik siswa, hingga penyusunan produk menjadi aplikasi android. Produk kemudian melalui 2 tahapan pengujian kelayakan. Hasil Uji alpha yang dilakukan oleh ahli materi dan ahli media, menyatakan bahwa produk termasuk dalam kategori “Sangat Layak.” Hasil uji beta yang dilakukan guru dan siswa kelas IVA juga menempatkan produk dalam kategori “Sangat Layak.” Baik siswa maupun guru setuju jika produk akhir dapat digunakan dalam proses pembelajaran sebagai faktor penunjang pembelajaran terutama untuk materi wujud benda dan perubahannya.
Copyrights © 2023