Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji konsep kurikulum merdeka berdasarkan pandangan progresivisme dalam belajar Ilmu Pengetahuan Alam (IPA). Penelitian ini akan menggunakan teknik penelitian kepustakaan. Teknik pengumpulan data dengan menggali data melalui pencarian literatur dan membaca, meneliti, dan mencatat dari berbagai sumber seperti jurnal, artikel, dan buku yang relevan. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis isi. Melalui analisis studi literatur tersebut didapatkan hasil bahwa Kurikulum merdeka erat kaitannya dengan filosofi progresivisme. Melalui filsafat progresivisme utamanya dalam belajar IPA, peserta didik dituntut agar semakin maju dan berkembang serta mampu bersaing dengan pesatnya perubahan yang terjadi di bidang pendidikan seperti perkembangan teknologi pembelajaran saat ini. Oleh karena itu, filsafat progresivisme ini juga turut mendukung pembelajaran sains untuk terus mengalami perubahan, khususnya pada pendekatan saintifik yang harus selalu diperbarui sesuai dengan prinsip progresivisme yang mengutamakan progres untuk perubahan yang lebih baik.
Copyrights © 2023