Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP)
Vol. 6 No. 4 (2023): Volume 6 No 4 Tahun 2023

FILSAFAT ILMU DALAM PENGEMBANGAN TEORI MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM

Agus Holid (UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten)
Miftahudin Miftahudin (UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten)
Encep Syarifudin (UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten)
Anis Fauzi (anis.fauzi@uinbanten.ac.id)



Article Info

Publish Date
17 Dec 2023

Abstract

Pemahaman yang lebih mendalam tentang filsafat ilmu yang berkaitan dengan ontologi, epistemologi, dan aksiologi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menampilkan ontologi, epistemologi, dan aksiologi ilmu dari sudut pandang Manajemen pendidikan Islam. Karena hal ini berbeda dengan studi ontologi, epistemologi, dan aksiologi dalam bidang studi lain, hal ini menjadi penting untuk diteliti dalam bidang pendidikan Islam. Dalam Manajemen pendidikan Islam, ontologi berusaha mendorong siswa untuk mengenal hakikat segala sesuatu, yaitu mengenal hakikat Tuhan. Dalam kajian epistemologinya, mereka berusaha memahami sumber ilmu pengetahuan. Selain itu, sumber penelitian Islam berbeda dari sumber penelitian umum. Oleh karena itu, epistemologi Islam, khususnya tentang pendidikan Islam, berusaha menjelaskan sumber penelitian dalam pendidikan Islam, yang jelas berbeda dari sumber penelitian umum. Kajian ini berfokus pada aksiologi pendidikan Islam, yang merupakan yang terakhir yang berusaha mengeksplorasi nilai dalam pendidikan Islam secara keseluruhan. Tujuannya adalah untuk menjawab pertanyaan tentang relevansi dan nilai-nilai yang melekat dalam pendidikan Islam.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jrpp

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) is a National peer-reviewes journal dedicated to the exchange of research and thinking in all aspects of education, especially basic education. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) publishes research results relating to the theory and practice ...