Penelitian ini didasari oleh rendahnya hasil belajar matematika pada materi operasi hitung campuran pecahan yang dialami para peserta didik kelas VI SDK Bhaktyarsa. Berdasarkan hasil pengamatan awal yang dilakukan, dari 33 orang peserta didik, diketahui terdapat 11 orang peserta didik (33%) orang peserta didik yang tuntas, artinya sebanyak 22 orang peserta didik (67%) yang tidak tuntas. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya peningkatan hasil belajar matematika setelah menggunakan model pembelajaran cooperative learning pada peserta didik kelas VI SDK Bhaktyarsa. Penelitian ini menggunakana penelitian tindakan kelas berbasis lesson study dengan tahapan perencanaan (plan), pelaksanaan (do), dan refleksi (see). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi dan tes. Hasil penelitian pada siklus 1, diketahui terdapat 20 orang peserta didik (61%) yang tuntas, dan pada siklus 2 diketahui terdapat 27 orang peserta didik (82%) yang tuntas. Sehingga hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran cooperative learning dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas VI A SDK Bhaktyarsa.
Copyrights © 2023